Beras Mahal, Cilegon Pasok Beras dari Jawa Tengah

 gudang bulog. (Foto; www.bulog.co.id)
Gudang bulog. (Foto; www.bulog.co.id)

Cilegon, liputanbanten.com – Harga beras di sejumlah wilayah Kota Cilegon megalami kenaikan dan langka. Guna mengatasi hal tersebut, Dinas Perdagangan Perindustrian Dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Cilegon mendatangkan pasokan beras asal Jawa Tengah.

Kepala Bidang Perdagangan dan Pasar, Disperindagkop Kota Cilegon, M. Satiri mengatakan, bahwa persedian beras di Kota Cilegon, Banten, masih relatif aman meskipun harga beras melambung di semua daerah.

“Pasokan beras asal Jawa Tengah di Cilegon, Banten, didatangkan menyusul langka dan mahalnya beras di pasaran,”Katanya beberapa waktu lalu.

Satiri mengimbau agar masyarakat untuk tidak khawatir, karena beras dari wilayah Jawa Tengah saat ini banyak disuplai ke semua pasar di Kota Cilegon.

Dirinya memprediksi harga beras ini baru akan turun saat musim panen di wilayah Cilegon, Pandeglang, dan Lebak, yang akan berlangsung sekitar Bulan maret mendatang.

Meskipun demikian, dirinya tidak memungkiri adanya kemungkinan memasok beras dari daerah lain jika hasil panen di wilayah Banten sedikit karena faktor cuaca dan hama.

“Saat ini, di sejumlah pasar tradisional di Kota Cilegon, harga beras Berkisar Rp 11.000 per kilo hingga Rp 13.000 per kilo,” katanya.

harga ini kata dia, meningkat dibandingkan sebelumnya yang hanya kisaran Rp 8.000 ribu hingga Rp 11.000 per kilo.

“Untuk beras yang berasal dari Jawa Tengah jenis c 4 Berkualitas sedang dengan harga di pasaran sekitar Rp 11.000 per kilo,” katanya.

satiri juga mengungkapkan kekhawatirannya tentang daya beli masyarakat yang menurun.

Selain itu, banyaknya pasokan beras asal Jawa Tengah juga diakui sejumlah pedagang di pasar tradisional.

(Henny)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here