Donal Trump Presiden AS Pertama Datangi Korea Utara

Liputanbanten.co.id – Presiden Amerika Serikat Donal Trump pada Minggu (30/6/2019) mencetak sejarah. Ia jadi Presiden AS pertama yang menginjakkan kaki di tanah Korea Utara.

Peristiwa itu terjadi saat Trump bertemu Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di zona demiliterisasi (DMZ) di perbatasan Korsel-Korut. Kim meminta Trump untuk sejenak berada di wilayah Korut.

Saat menginjakkan kaki di Korut Trump tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya. Ucapan terima kasih pun disampaikan Trump kepada Kim yang telah memberikan kesempatan langka tersebut kepada dirinya.

“Ini suatu kehormatan saat Anda meminta saya melewati garis perbatasan,” ucap Trump kepada Kim Jong-un seperti dikutip dari AFP, Senin (1/7/2019).

“Saya sangat bangga bisa melangkah melewati garis perbatasan,” sambung Trump.

Pertemuan Trump dan Kim dilaksanakan di sela kunjungan Trump ke Korsel. Sebelum tiba di Korsel, Trump menyampaikan ingin bertemu Kim di DMZ untuk sekadar menyapa dan bersalaman.

Permintaan itu disambut positif Kim Jong-un. Pertemuan di DMZ pun terwujud dan berlangsung dengan lancar dan baik.

Di DMZ, Trump dan Kim sepakat untuk melanjutkan dialog denuklirisasi di semenanjung Korea. Pembahasan itu selalu menjadi topik utama pertemuan kedua pemimpin baik saat di Singapura maupun di Vietnam. (Lb/Kmp/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here