Seluruh Kapolda Diminta Amankan Mahasiswa Papua

Jakarta, Liputanbanten.co.id – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memerintahkan seluruh Kapolda se-Indonesia untuk menjamin keamanan mahasiswa Papua yang tengah belajar di berbagai kota di Tanah Air.

“Kemudian yang di luar Papua ini juga saya minta para Kapolda tetap menjamin keamanan adik-adik kita mahasiswa yang belajar di semua kota di Indonesia. Ini semua Kapolda saya sudah perintahkan,” ucap Tito di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Minggu (1/09/2019).

Tak hanya itu, Tito juga meminta agar warga Papua yang tengah mengenyam pendidikan di seluruh kota di Indonesia untuk bisa menghargai dan menyesuaikan diri dengan kebudayaan setempat. Sebab, dengan saling menghargai serta menghormati, kata Tito, bisa meminimalisir hal-hal yang tak diinginkan.

Tito mengatakan selama ini, Indonesia aman dan damai karena prinsip saling menghormati antara warganya yang berbeda latar belakang.“Saya minta juga adik-adik dari mahasiswa Papua, apapun juga sebagai pendatang, perantau sesuaikan diri dengan local wisdom, budaya masyarakat lokal yang ada,” kata Tito.

“Sama seperti dari Sumatera datang ke Jawa, yang Jawa sekolah mungkin datang ke Bali, datang ke Manado. Yang dari luar Papua datang ke Papua juga menghormati adat istiadat setempat, termasuk juga dari Papua yang datang ke Jawa, ke Sumatera, sesuaikan diri,” kata Tito.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto memastikan saat ini keadaan dan kondisi di Papua sudah membaik. Hal ini sesuai dengan laporan yang ia terima pagi ini.

“Pagi tadi saya mendapat laporan dari Papua dan Papua Barat, di sana ada Pangdam, ada Kapolda melaporkan suasana Papua dan Papua Barat sudah kondusif, semua wilayah sudah damai,” ujar Wiranto di Car Free Day Bundaran HI, Jakarta Pusat. (Lb/Kmp/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here