Manchester United Kandaskan Ditangan Arsenal

Liputanbanten.co.id – Kemenangan perdana akhirnya berhasil diraih Mikel Arteta sebagai pelatih Arsenal. Menjamu Manchester United dalam laga pekan ke-21 Premier League, Kamis (2/1/2020) dini hari WIB, The Gunners menang dengan skor 2-0.

Gol Arsenal pada laga ini masing-masing dicetak oleh Nicolas Pepe (8′) dan Sokratis Papastathopoulos (42′). Berkat kemenangan ini, Arsenal berhasil naik ke posisi 10 klasemen sementara melewati Everton.

Arteta menurunkan line-up ofensif di mana Alexandre Lacazette, Nicolas Pepe, Pierre-Emerick Aubameyang, dan Mesut Oezil tampil bersamaan sejak awal. Sedangkan, Ole Gunnar Solskjaer memainkan Nemanja Matic untuk menggantikan Scott McTominay dalam balutan pakem 4-2-3-1.

Dengan komposisi demikian, Manchester United jadi tim pertama yang mencoba menggebrak. Namun, setelah akselerasi Daniel James dihentikan dengan mudah di awal babak pertama, United praktis tak mampu berbuat apa-apa lagi.

Setelah itu Arsenal merajalela. Mereka tampil begitu agresif tetapi tidak mengesampingkan presisi. Agresivitas itu berbuah hasil di menit ke-8 ketika Pepe menyambar umpan silang Sead Kolasinac, yang sebelumnya membentur tubuh Victor Lindeloef dan berbelok arah, menjadi gol.

Unggul cepat, Arsenal makin bersemangat. Tekanan demi tekanan mereka lancarkan dari kedua sisi sayap. Dari sisi kiri, Kolasinac menjadi aktor utama, di sisi kanan Pepe jadi protagonisnya.

Gencarnya tekanan Arsenal ini membuat lini belakang United kalang kabut. Luke Shaw dan Harry Maguire jadi pemain yang tampil paling buruk. Dua bek itu kerapkali membuat kesalahan yang bikin Solskjaer megap-megap di dugout.

Akhirnya, di pengujung babak pertama, tekanan Arsenal itu kembali berbuah gol. Tandukan Lacazette memanfaatkan sepak pojok Pepe bisa diblok oleh David de Gea. Namun, bola muntah kemudian disambar Sokratis Papastathopoulos menjadi gol lewat tendangan first time.

Berkat gol bek asal Yunani itu, Arsenal menutup babak pertama dengan keunggulan meyakinkan 2-0.

Dalam kondisi tertinggal, United memulai babak kedua dengan urgensi tinggi. Pressing, umpan-umpan kombinasi, pergerakan tanpa bola, semua dieksekusi dengan lebih baik ketimbang sebelumnya.

Tak sampai di situ, Solskjaer kemudian memasukkan Mason Greenwood dan Andreas Pereira untuk meningkatkan daya gedor. Pereira pun langsung mendapat peluang emas tak lama setelah masuk ketika tembakannya membentur sisi gawang.

Namun, semenjak itu tidak ada lagi peluang United yang benar-benar berbahaya. Greenwood pun tidak bisa berbuat banyak pada pertandingan kali ini karena pergerakannya selalu dikawal ketat oleh dua bek sentral Arsenal.

Di sisi lain, Arsenal baru bisa kembali menekan dengan gencar di menit-menit terakhir laga lewat serangan balik cepat. Itu pun tidak ada yang berbuah gol karena pemain belakang United sudah lebih sigap dalam mengantisipasi serangan.

Situasi seperti ini membuat skor 2-0 untuk keunggulan Arsenal bertahan sampai akhir pertandingan. Ini merupakan kemenangan perdana Arteta sebagai pelatih Arsenal setelah pada dua laga sebelumnya cuma bisa meraih hasil imbang dan menelan kekalahan.(Lb/Kmp/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here