Prihatin Tempat Istirahat Tenaga Medis, DPRD Kritik Pemprov Banten

Tempat istirahat tenaga medis Covid-19 di Pendopo lama Gubernur Banten. (Dok.Ist)

Serang, Liputanbanten.co.id – Sekretrais Komisi V DPRD Provinsi Banten Fitron Nur Ikhsan kritik Pemerintah Provinsi Banten terkait kesiapan tempat beristirahat untuk tenaga medis yang menangani kasus Corona.

Menurut Fitron, tempat tidur para medis yang menangani virus corona kondisinya tidak layak untuk di tempati, Sebanyak 90 lebih tenaga medis yang menangani pasien corona di RSUD Banten sementara beristirahat di rumah dinas Gubernur Banten yang tak terpakai. Rumah dinas ini berada di belakang Pendopo Lama Gubernur Banten. Namun, tampak fasilitas tempat tidur hanya kasur tanpa ranjang.

“Fasilitasnya ditingkatkan, jangan di bangsal-bangsal, kasur di bawah. Jadi mereka tidur berkerumun. Ada yang (sekamar) 24 (orang), ada yang 25, ada yang 6 (orang),” Fitron usai sidak di rumah dinas Gubernur Banten, Rabu (1/4/2020) malam.

Sementara itu dari data situs https://infocorona.bantenprov.go.id/, status Orang Dalam Pemantauan atau ODP berjumlah 2.609 orang. Lalu, Pasien Dalam Pemantauan atau PDP 331 orang dan positif Covid-19 berjumlah 79.

Dikhawatirkan tempat tidur yang berdekatan juga menjadi kerawanan tersendiri. Sebab, tak ada yang tahu siapa yang terpapar Covid-19 dan berpotensi menulari tenaga medis lainnya.

“Agar mereka terjamin, tidak ngampar begitu. Jarak antar mereka ini kan rentan, kalau satu terpapar dengan tidur berkerumun itu kan enggak standar Covid-19 Tidur mereka sangat berdempetan,” ujarnya.

Politikus Golkar itu menyarankan agar Pemprov Banten bekerjasama dengan hotel yang ada di Kota Serang untuk menyiapkan tempat tidur dan istirahat bagi tenaga medis. Tujuannya agar kesehatan dan istirahat mereka terjamin selama pandemi Covid-19 belum hilang dari ranah Banten.

“Kalau tidak muat kan kita bisa bekerjasama dengan hotel di sekitar sini (Kota Serang), siapa tahu mereka mau mendedikasikan. Sekarang kan orang tidak banyak tidur di hotel,” ujarnya. (Lb/Viv/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here