Presiden Trump Lantik Menlu AS Baru

Ilustrasi: Donald Trump Presiden AS (Dot/net)

AS, Liputanbanten.co.id – Presiden Donald Trump untuk kali pertama akan berkunjung ke kantor Departemen Luar Negeri, Rabu (2/5), untuk menghadiri acara pengambilan sumpah menteri luar negerinya yang baru.

Kepada para pegawai departemen itu, Selasa (1/5), hari penuh pertamanya di Washington dengan jabatan baru, Menlu AS Mike Pompeo mengatakan, kedatangan Trump tersebut akan menjadikan hari Rabu (2/5) tersebut hari yang penting.

Pompeo, yang sebelumnya menjabat sebagi Direktur CIA, berjanji akan menghadirkan kembali kepercayaan diri Departemen Luar Negeri.

“Korps diplomatik AS perlu berada di setiap ujung, di setiap bentang dunia, menjalankna misi-misi yang mengatasnamakan negara ini, dan dengan kerendahan hati saya akan membantu mewujudkan itu,” kata Pompeo.

Pompeo mengambil jabtan baru itu setelah Trump memecat menteri luar negeri sebelumnya, Rex Tillerson, Maret lalu, hanya beberapa jam setelah Tillerson pulang dari perjalanannya ke Afrika.

Tidak seperti dengan Tillerson, Trump disebutkan memiliki hubungan kerja yang erat dengan Pompeo. Kehadiran Trump dan sejumlah anggota kabinet pada pelantikan Pompeo merupakan isyarat jelas bahwa Pompeo mendapat kepercayaan dan dukungan presiden. (VOA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here