DPRD Berikan 16 Rekomendasi atas LHP BPK-RI

Serang, Liputanbanten.com – Pembahasan laporan hasil pemeriksaan BPK-RI terhadap laporan keuangan pemerintah daerah Kota Serang tahun 2015 resmi dibubarkan selepas penyampaian laporan hasil Panitia Kerja (Panja) DPRD Kota Serang pada rapat paripurna, (30/6/2016). Rapat dipimpin Subadri Ketua DPRD yang didampingi 2 pimpinan lain, dan dihadiri Wakil Walikota Serang, Sulhi Khoir.

Ketua Panja Ramlan Junaidi, dalam laporannya memberikan paparan tentang tahapan pembahasan yang dilakukan hingga disepakatinnya 16 butir catatan dan usulan serta rekomendasi terhadap perbaikan kinerja pemerintah daerah tahun yang akan datang.

“Kota Serang harus meningkatkan kinerja untuk memperoleh opini WTP pada LKPD tahun mendatang. Pencapaian WTP itu tergantung pada upaya maksimal segenap penyelenggara pemerintah daerah, karena tugas dan tanggung jawabnya harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat Kota Serang”, ujarnya semangat.

Catatan lainnya yang dilaporkan Panja yaitu diperlukannya kajian kelembagaan dan evaluasi pengelolaan aset, percepatan terhadap sistem pelaporan akrual, diklat aparatur, penempatan pejabat struktural, pengelolaan potensi PAD atas kekayaan daerah yang disewakan seperti tanah Sawah Luhur, retribusi terminal, kajian atas kerjasama daerah dengan PT SBS, PT PBP hingga penunjukan auditor yang memiliki kewenangan atas keduanya sekaligus peningkatan kinerja inspektorat.

Menutup laporan, Panja mengapresiasi hasil tim tindak lanjut LHP BPK yang diketuai oleh Wakil Walikota, yakni dengan telah diselesaikannya 7 rekomendasi dan 41 rekomendasi yang dalam proses penyelesaian, sedangkan untuk rekomendasi lainnya yang belum ditindaklanjuti SKPD, panja mengusulkan agar walikota mengambil tindakan tegas dan berharap komisi-komisi ke depan dapat melakukan pengawasan lanjutan sehingga potensi temuan yang muncul tidak berulang. (Mamun Chudari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here