Gaji ke 13 Cair Hari ini

Ilustrasi

Jakarta, Liputanbanten.co.id – Pemerintah resmi mencairkan gaji ke-13 untuk pegawai negeri sipil (PNS), TNI, Polri, dan pensiunan per hari ini, Selasa (2/7/2019).

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Nufransa Wira Sakti membenarkan hal tersebut.“Iya. Sudah dibayarkan gaji 13 plus tunjangannya per hari ini untuk ASN kementerian/lembaga,” ungkap Frans, Selasa (2/7/2019).

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2019, pembayaran gaji ke-13 terdiri dari gaji pokok dengan nilai yang sama dengan bulan Juni, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, hingga tunjangan kinerja.

Pembayaran gaji ke-13 memang dijadwalkan pada pertengahan tahun, tepatnya menjelang tahun ajaran baru pendidikan untuk menjadi penunjang biaya pendidikan anak-anak dari para aparatur sipil negara. Pembayaran gaji ke-13 juga diharapkan menjadi stimulus bagi konsumsi masyarakat sehingga mendukung perekonomian secara keseluruhan.

Untuk tahun ini, pemerintah menganggarkan gaji ke-13 untuk PNS pusat sebesar Rp 20 triliun. Sementara untuk PNS di daerah akan menggunakan APBD masing-masing daerah.

Pencairan gaji ke-13 diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ke-13 kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan. (Lb/Kmp/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here