Bank Sentral AS Pertahankan Suku Bunga Acuan

Ilustrasi

New York, Liputanbanten.co.id – Federal Reserve atau bank sentral AS mempertahankan suku bunga acuan pada hari Rabu (1/8) tetapi menekankan tentang kekuatan ekonomi dan pasar tenaga kerja, mengisyaratkan kenaikan suku bunga akan tiba.

Pasar keuangan sudah memperkirakan kenaikan suku bunga utama pada bulan September tetapi kata-kata yang dipilih bank sentral itu tentu akan mendorong ekspektasi untuk kenaikan keempat pada bulan Desember.

Para ekonom menilik setiap kata dalam pernyataan Federal Reserve AS untuk mencari petunjuk tentang langkah selanjutnya, jadi perubahan-perubahannya signifikan, terutama karena muncul di tengah angka pengangguran yang rendah, kenaikan lapangan kerja bulanan yang besar dan pertumbuhan ekonomi yang besar pada kuartal kedua.

Sinyal yang jelas bahwa bank sentral AS akan melanjutkan kenaikan bertahap yang tidak menyenangkan Presiden Donald Trump, yang secara terbuka mengecam bank sentral bulan lalu, mengatakan kebijakan itu merongrong usahanya untuk menggiatkan perekonomian.

Komite kebijakan bank sentral mengatakan “aktivitas ekonomi telah meningkat dengan laju yang cepat,” sejak pertemuan terakhir pada Juni sementara pasar kerja terus menguat. [Lb/as VOA]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here