Dosen Unpam Latih Karang Taruna Kelurahan Pamulang Timur

Tangsel, Liputanbanten.co.id – Dosen-dosen Universitas Pamulang (Unpam) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kelurahan Pamulang Timur, Pamulang, Tangerang Selatan. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan kepada Pengurus dan Anggota Karang Taruna Kelurahan Pamulang Timur itu berlangsung, Minggu (1/09/2019).

Pelatihan yang seyogianya dihelat pada minggu lalu itu dilaksanakan di Aula Kelurahan Pamulang Timur. Adapun tema pelatihan yaitu ‘Meningkatkan Kemampuan Generasi Muda Dalam Memimpin Organisasi Kepemudaan’. Pelatihan diikuti 30 Pengurus dan Anggota Karang Taruna Kelurahan Pamulang Timur.

Dalam pelatihan ini seluruh nara sumber merupakan dosen-dosen yang tergabung dalam Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi  Unpam yang terdiri dari Drs. Syamruddin, M.M, Ivan Putranto, S.Pd., M.Pd, Citra Eliyani, S.Pd., M.Pd, Rr. Mardiana Yulianti, S.S., M.Pd, dan Sugeng Widodo, S.E., M.M. Sedangkan materi yang disampaikan yakni Manajemen Yang Efektif Dalam Organisasi Kepemudaan, Pemimpin dan Kepemimpinan Dalam Organisasi Kepemudaan serta Motivasi dan Retorika Berbicara.

Lurah Pamulang Timur Rahmat Hidayat, S,Ap ketika membuka acara pelatihan mengemukakan, kegiatan pelatihan manajemen dan kepemimpinan yang dilaksanakan oleh dosen-dosen Unpam ini sangat bermanfaat bagi Pengurus dan Anggota Karang Taruna yang ada di Kelurahan Pamulang Timur. Kegiatan seperti ini hendaknya benar-benar dapat dijadikan bekal  bagi peserta yang ikut serta dalam pelatihan.

“Saya minta seluruh Pengurus dan Anggota Karang Taruna Kelurahan Pamulang Timur untuk dapat mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan baik. Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi Karang Taruna dalam mengelola organisasi kepemudaan. Tentu tidak semua organisasi kepemudaan yang ada di Kelurahan Pamulang Timur bisa mendapatkan dan mengikuti pelatihan seperti ini. Sehingga setelah mengikuti pelatihan hendaknya sudah bisa memahami apa itu manajemen dan kepemimpinan yang dapat diterapkan dalam organisasi maupun kehidupan sehari-hari. Apalagi di Kelurahan Pamulang Timur banyak sekali sumber daya yang bisa dimanfaatkan oleh Karang Taruna,” ujarnya.

Sementara itu Ikmal, Ketua Karang Taruna Kelurahan Pamulang Timur mengatakan, kegiatan yang mereka ikuti sangat bermanfaat bagi pengelolaan organisasi kepemudaan. Terutama dalam mengelola kegiatan-kegiatan yang sudah ada maupun akan dirintis kelak. Selain aktif berorganisasi di dalam Karang Taruna, mereka juga aktif berwirausaha seperti usaha pecetakan, sablon, dan lain-lain.

“Dengan adanya pelatihan seperti ini akan membuka wawasan bagi kami sebagai anggota karang taruna untuk mengelola organisasi. Selain itu menjadi bekal untuk lebih kreatif dalam kegiatan-kegiatan lain seperti kegiatan yang bisa mendukung keuangan organisasi. Kami  berharap  kelak bisa mengikuti kegiatan lain dengan tema yang lain pula,” ujarnya.

Selama berlangsungnya pelatihan, para peserta tampak antusias mengikuti seluruh materi yang disampaikan nara sumber. Di akhir acara pelatihan,  dilaksanakan diskusi kelompok yang bertujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana pemahaman peserta terhadap materi yang telah diberikan oleh nara sumber.(Red/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here