Hari ini, Mantan Perdana Menteri Malaysia Diadili

Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak saat dikawal petugas. @Foto: Ist/Liputanbanten.co.id

Malaysia, Liputanbanten.co.id – Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak akan diadili atas perannya dalam skandal keuangan multi-miliar dolar 1MDB pada hari ini, Rabu, (3/4/2019).

Najib dituduh mengantongi uang 681 juta dolar AS dari skandal dana kekayaan berdaulat 1MDB tersebut. Dana itu dimaksudkan untuk meningkatkan ekonomi Malaysia melalui investasi strategis. Namun, Najib dituduh menggunakannya untuk mendanai gaya hidup mewah, film Hollywood, dan kapal superyacht. Tuduhan itu dibantah oleh Najib.

Najib sendiri menghadapi beberapa kasus pidana, tetapi sidang hari ini adalah pengadilan besar pertama dalam skandal tersebut. Secara total, ada 42 tuduhan yang dijeratkan pada Najib, sebagian besar terkait dengan 1MDB.

Dikabarkan BBC, sidang hari ini berpusat pada tuduhan bahwa ada dana 42 juta ringgit Malaysia ditransfer dari SRC International, sebuah unit 1MDB, ke dalam rekening bank pribadi Najib.

Proses awal pengadilan skandal 1MDB sendiri semula dijadwalkan digelar pada 12 Februari lalu, tetapi ditunda agar permohonan banding terkait didengar.

Kasus ini melibatkan tiga tuduhan pencucian uang, tiga pelanggaran kepercayaan kriminal dan satu penyalahgunaan kekuasaan. Tidak satu pun dari semua tuduhan itu diakui Najib. (Lb/Rmol/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here