‎Tak Terawat, Pemuda Cipanas Bersihkan Tugu Perbatasan Banten -Jabar

Lebak, Liputanbanten.co.id – Sejumlah pemuda yang tergabung dalam berbagai Organisasi Kepemudaan se-Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak serempak membersihkan tugu perbatasan Provinsi Banten – Jawa Barat (Jabar), yang berlokasi di Desa Luhur Jaya, Selasa (3/7). Kegiatan ini mereka lakukan sebagai bentuk keprihatinan melihat kondisi tugu perbatasan yang tidak terawat.

Adapun organiasi kepemudaan yang kerja bakti tersebut antara lain, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Karang Taruna, IKMC (Ikatan Keluarga Mahasiswa Cipanas), OPPA AL-Mawar, dan PBM (Pemuda Bujal Mndiri).

Ketua Karangtaruna Irenas, Kecamatan Cipanas, Septian Hernawan mengatakan, kegiatan ini diinisiasi oleh kawan kawan organisasi kepemudaan supaya lebih peduli terhadap lingkungan dan pembangunan. Terlebih, melihat kondisi tugu perbatasan Banten – Jawa Barat yang saat ini kondisinya terbengkalai.

“Ini bentuk kepedulian pemuda se Kecamatan Cipanas kepada lingkungan, dengan bergerak bersama membersihkan rumput dan tanaman di sekitar tugu, sehingga lebih enak dipandang, ” kata Septian.

Menurut pria yang akrab disapa Waweh ini bahwa pembangunan kawasan perbatasan yang tertata dan terawat dengan baik merupakan cerminan keberhasilan pembangunan suatu daerah. “Namun jika etalase kondisi kualitas pembangunan suatu daerah tidak tertata dan terawat dengan baik, dalam hal ini seolah pemerintah dirasa menutup mata,” katanya.

Senada diungkapkan oleh Koordinator pelaksana kegiatan, Ferry. Menurutnya, penataan perbatasan wilayah merupakan bentuk kepeduliaan dan langkah konkrit pemuda dalam menjaga dan turut serta mendorong pembangunan di daerah yang tidak banyak diperhatikan oleh kedua pihak yang berbatasan langsung.

“Jadi harapan kami pemerintah lebih memperhatikan penataan perbatasan, karena bagaimanapun mau tidak mau suka tidak suka bahwa pemerintah punya tanggung jawab dalam hal ini,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia kedepan tentunya tidak hanya dari kalangan organisasi kepemudaan yang bergerak membersihkan atau merawat aset daerah ini. Tetapi semua elemen masyarakat harus peduli terhadap lingkungan masing – masing, dan menjaga aset daerah.

“Ini kan aset daerah yang dibangun oleh anggaran negara, jadi memang sudah sepatutnya kita punya kepedulian. Karena mungkin saja jika akses masuk ke daerah kita terlihat indah maka akan banyak wisatawan yang ingin datang berkunjung, mengingat di daerah kita juga banyak potensi wisata yang masih bisa berkembang,” tuturnya.

Pengurus Karang Taruna Irenas Kecamatan Cipanas, Alam Muharam mengungkapkan kegiatan kerja bakti ini dilakukan secara sukarela. Semua pemuda sengaja meluangkan waktunya untuk membersihkan rumput rumput yang menutupi tugu perbatasan Banten – Jawa Baret.

“Kegiatan seperti ini memang sangat positif bagi para pemuda,‎ karena memang sudah saatnya para pemuda bergerak melangkah kedepan memberikan kontribusi terhadap pembangunan daerah, salah satunya dari yang hal terkecil ini,” pungkasnya. (Lb/Yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here