Tidak Jelas Sistem Kerja, Puluhan Karyawan PT Sambangi Kantor Advikat KFLF

Serang, Liputanbanten.co.id – Puluhan karyawan PT PT.Win Bright Technology sambangi Kantor Advokat Kuncen Family Law Firm (KFLF) di Persada Banten, Kota Serang, Senin (2/7). Kedatangan mereka dalam rangka mengadukan sistem kerja PT yang merugikan kaum pekerja.

Advokat KFLF, Ipul Syaifullah mengatakan, dirinya kedatangan karyawan PT UIN yang mengadukan ketidakpastian sistem kerja yang berlaku, pasalnya, selama bekerja di perusahaan tersebut (PT Win Bright Technologyred-red)) tidak memberikan kontrak kerja yang pasti, bahkan cenderung merugikan kaum buruh.

” Saya kedatangan tamu tujuh orang karyawan PT Win drait tekhnologi, meraka mengadukan soal sistem kerja,” kata Ipul.

“22 orang itu mengadukan masalah masing-masing, dari masalah ketidak nyamanan dengan hadirnya Tenaga Kerja Asing (TKA)sampai ketidak nyamanan sistem kerja yang tidak tentu,” paparnya

Sistem kerja yang diterapkan perusahaan tersebut tidak menentu yang dimana mereka (karyawan-red) direktur tanpa kontrak perjanjian kerja. “Kerjanyanya mau 2 bulan mau berapa tahun itu tidak ada, jadi sewaktu waktu perusahaan sudah tidak pakai ya sudah keluar aja,” tukasnya.

Ipup mengungkapkan, para pekerja menguasakan kepada KFLF meminta bantuan dengan tuntutan untuk menggugat perusahaan. “Memperjelas dua orang TKA yang tidak mengurus dokumen ke imigrasian,” ungkapnya.

TKA tersebut berinisial Mr.LE dan Mr.PK sebagai pekerja di Perusahaan tersebut, dengan gaji yang cukup fantastis. “Akhirnya dari pengaduan-pengaduan itu, Saya membuat surat permohonan Klarifikasi dan informasi, ke perusahaan tersebut,” tuturnya.

Permohonan informasi dan klarifikasi menyoal perjanjian kerja. “Masa surat perjanjian kerja seperti ini. Pihak pertamanya karyawan pihak ke dua nya karyawan, (sampil menunjukkan surat perjanjian),” pungkas Ipul.

Di duga telah banyak melakukan perbuatan melawan hukum. KUH Perdata pasal 1350 dan Pasal 1320, UU 13 tahun 2013, Kepmen.102/men/VI/2004. Upah lembur, dan UU no.24 tahun 2011 tentang BPJS. Perusahaaan wajib daftarkan karyawan Ke BPJS

“Menurut 1320 KUH perdata itu batal demi hukum, apalagi di tinjau dari uu 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan,” jelas ipul.

Sebagai contoh, kata Ipul. “Mereka dibayar dibawah umk kabupaten Serang, lembur hari minggu hanya dibayar Rp 1.00.000,-” tutupnya (Lb/Ar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here