BIRD Banten Siap Berikan Kontribusi Riset Bagi Kemajuan Banten

Banten Institute for Regional Development (BIRD) Direktur Eksekutif DR. Lili Romli. (Dok.Net)

Serang, Liputanbanten.co.id – Sejumlah akademisi dan peneliti muda asal Banten yang tergabung dalam Banten Institute for Regional Development (BIRD) siap memberikan kontribusi pemikiran dan riset bagi kemajuan Provinsi Banten.

Direktur Eksekutif BIRD yang juga peneliti LIPI dr Lili Romli di Serang, mengatakan, kehadiran lembaga yang digagas sejumlah akademisi dan peneliti asal Banten tersebut bertujuan untuk memberikan kontribusi pemikiran dan mendorong agar setiap kebijakan yang dituangkan dalam pembangunan didasarkan atas kajian dan riset serta perencanaan yang baik.

”Kami ini sebagai lembaga pemikir ingin berkontribusi pemikiran bagi Banten. Memang kami akui selama ini sepak terjangnya kebanyakan di luar seperti di Jakarta,” kata Lili Romli usai bertemu Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah di DPRD Banten.

Menurut lili, pihaknya siap bersinergi dengan eksekutif dan legislatif di Provinsi Banten untuk bersama-sama melakukan sinergitas demi kemajuan Provinsi Banten ke depan.

”Tadi kami sudah ketemu Ketua DPRD Pak Asep, beliau sebagai ketua DPRD Banten kita ingin bersinergi,” kata Lili.

Ia mengatakan, hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut di antaranya terkait Rencana Pembangunan Jangka Menengah daerah (RPJMD) Banten 2017-2022 yang sudah disahkan DPRD Banten.

”Beliau meminta apa yang ada di dalam RPJMD ini dipetakan masalah dan potensi, agar arah pembangunan itu jelas. Terutama untuk kabupaten/kabupaten agar apa yang telah dan akan dilakukan itu harus jelas dan cantolannya di RPJMD Banten itu,”kata Lili.

Menurut Lili, pihkanya juga tidak hanya ingin bersinergi dengan pemerintah Provinsi Banten baik eksekutif dan legislatif, tetapi juga dengan kalangan perguruan tinggi di Banten, untuk sama-sama memberikan kontribusi pemikiran demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Banten.

Selama ini ia mengakui lebih banyak berkiprah di Jakarta atau di tingkat nasional sehingga saat ini siap bekerjasama dengan putera-puteri terbaik Banten untuk bekerjsama memikirkan Banten ke depan agar lebih baik.

”Fokus kajian kami pada pembangunan, yakni kaitannya dengan sosial, politik, ekonomi dan budaya,” kata Lili Romli didampingi sejumlah pengurus lain lembaga tersebut.(Ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here