Gubernur Diminta Bantu Mediasi Soal Penyerahan Aset Pemkab ke Kota Serang

Ilustrasi

Serang, Liputanbanten.co.id – Persoalan Aset Pemerintah Kota (Pemkot) Serang yang tak kunjung dibalikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang hingga saat ini belum menemukan titik terang.

Ketua  Komisi III DPRD Kota Serang Tb Ridwan Ahmad meminta Gubernur Banten untuk memfasilitasi mediasi kedua belah pihak. Karena, Berdasarkan Pasal 13 ayat 3 Undang-Undang 32 Tahun 2007 tentang Pembentukan Kota Serang, Penyerahan aset dan dokumen dilakukan paling lama 5 tahun sejak Walikota Pertama dilantik.

Sedangkan di ayat 8 nya, lanjut Ridwan, Jika Bupati Serang tidak melakukan penyerahan aset tersebut Gubernur Banten sebagai wakil pemerintah Wajib menyelesaikan perkara tersebut.

“Kami minta segera dilakukan rekonsiliasi dan inventarisasi aset, karena ini sudah lebih dari waktu yang ditetapkan Undang Undang 5 tahun, sekarang sudah 12 tahun belum ketemu titik terang, Perintah UU bahwa  Gubernur Banten Juga Wajib Menyelesiakan masalah ini,” kata Ridwan melalui pesan singkat whatsapp, Kota Serang, Selasa (3/12/2019).

Jika tidak segera diserahkan, kata Ridwan, maka yang pertanyaannya menjadi tanggungjawab siapa penganggaran mulai dari pemeliharaan, perbaikan dan pembangunan aset milik negara tersebut.

“Penganggaran Pemeliharaan harus jelas dulu menjadi hak siapa aset tersebut Pemkab atau Kota ?? Jika sudah diserahkan ke Kota Serang , Jelas akan menjadi dasar Hukum APBD Kota Serang menganggarkan pemeliharaan dan perawatan  Aset milik negara tersebut,” paparnya.

Ia pun berharap, jika aset itu dikemudian hari diserahkan Pemkab ke Pemkot Serang untuk dilengkapi dengan Dokumen kepemilikannya.”Jadi bukan aset bermasalah secara administrasi  yang dikemudian hari akan menjadi temuan BPK,” ucapnya.

Sementara, untuk mengambil langkah konkrit, pihaknya bersama BPKAD dalam Waktu Dekat Komisi  akan menghadap Biro Pemerintahan Provinsi Banten untuk membicarakan langkah selanjutnya, terlebih Gubernur Banten bersedia untuk memediasi Permasalahan ini.

“Kita juga mengahadap Biro Pemerintahan Propinsi kami juga akan agendakan untuk berdiskusi dengan teman teman di Komisi Keuangan dan  Aset DPRD Kabupaten Serang, Semoga menemukan titik terang,” tandasnya.(Lb/Ar/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here