Hadapi Rusia, Presiden Ukraina Minta Bantuan Negara Barat

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy.@AFP.Kmp/Liputanbanten.co.id

Liputanbanten.co.id – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengisaratkan ancaman Rusia bagi Eropa. Maka dari itu, meminta Barat meningkatkan bantuan militer ke negara Ukraina.”Jika kamu tidak memiliki kekuatan untuk menutup langit, maka beri aku pesawat!” kata Zelensky dalam konferensi pers, dikutip dari AFP pada Jumat, 4 Maret 2022.

“Jika kami tidak ada lagi, kemudian, Tuhan mengharamkan, Latvia, Lithuania, Estonia akan menjadi yang berikutnya,” sambung dia. “Percayalah!” lanjutnya.

Zelensky percaya bahwa pembicaraan langsung dengan Vladimir Putin merupakan cara satu-satunya untuk mengakhiri perang.”Kami tidak menyerang Rusia dan kami tidak berencana untuk menyerangnya. Apa yang Anda inginkan dari kami? Tinggalkan tanah kami?” kata Zelensky kepada Putin.

“Duduklah dengan saya. Hanya berjarak tidak 30 meter seperti dengan (Presiden Prancis Emmanuel Macron),” sambung Zelensky seraya merujuk Putin yang menerima pemimpin dunia di meja panjang ikonik di Rusia.

Peringatan Zelensky ini senada dengan kekhawatiran yang sempat disampaikan negara-negara Baltik saat Rusia memulai invasi. Seperti Menlu Lithuania, Gabrielius Landsbergis, yang memperingatkan peperangan dapat menyebar ke negara-negara Eropa lainnya.

“Pertempuran untuk Ukraina adalah pertempuran untuk Eropa. Jika Putin tidak berhenti di situ, dia akan melangkah lebih jauh,” ujar Landsbergis saat konferensi pers pekan lalu.

Penduduk Estonia, Latvia, dan Lituania khawatir tanah airnya akan menjadi target berikutnya. Terlebih, sebagian penduduk yang lebih tua masih mengenang masa-masa ketika mereka hidup di bawah kendali Soviet.

Di sisi lain, Putin menyatakan tidak punya ambisi untuk kembali mengendalikan negara-negara Baltik. Namun, para penduduk negara tersebut khawatir adanya kemungkinan Putin mengambil kembali pengaruh atas semua negara bekas Uni Soviet.(Ifn/Kmp/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here