Cara Sehat Mengontrol Emosi Selama Hamil

Ilustrasi : Ibu Hamil

Liputanbanten.co.id – Saat hamil, hormon dalam tubuh wanita akan mengalami pasang surut yang sangat drastis. Hormon tersebut biasanya mengakibatkan mood swing atau perubahan emosi. Meski lumrah terjadi, Anda tetap perlu mengontrol emosi untuk menjaga kesehatan janin.Lalu, bagaimana caranya?

1. Pahami kondisi fisik.

Ketika konsultasi pada dokter, tanyakan kondisi fisik tubuh Anda, risiko apa saja yang mungkin dialami selama kehamilan, dan berapa jam yang aman untuk bisa bekerja di luar rumah selama masa hamil.

Dengan memahami kondisi fisik, Anda akan merasa lebih tenang dan tidak kaget jika sewaktu-waktu ada hal baru yang mungkin menimpa Anda.

2. Lakukan Aktivitas yang Menyenangkan

Untuk menghindari emosi yang berlebih saat hamil, Anda bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti pergi ke salon, menonton bioskop, menyanyi, bermain musik atau hanya sekadar jalan-jalan di mal.
3. Bersifat Terbuka
Bersikap terbuka merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk meluapkan emosi dalam diri. Bicarakan perasaan dan kondisi emosi Anda pada orang lain, baik itu suami, sahabat atau keluarga terdekat.
4. Jaga Kondisi Fisik
Jangan memaksakan diri terlalu berlebihan selama proses kehamilan, misalnya terlalu banyak bekerja, berolahraga terlalu intens, atau memaksakan diri bekerja saat mengalami morning sickness yang berlebihan.
5. Istirahat yang Cukup
Saat hamil, penting untuk Anda menjaga kecukupan tidur harian. Jika ada waktu senggang, luangkanlah waktu untuk bersantai di tempat tidur sambil menonton tv dan memakan camilan sehat seperti: kacang-kacangan dan buah yang sudah dipotong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here