Piala AFF U-16 : Timnas Indonesia Hancurkan Harapan Timor Leste 3-0

Timnas Indonesia U-16

Sidoarjo, Liputanbanten.co.id Timnas Indonesia U-16 memastikan tiket ke semifinal Piala AFF U-16 2018 setelah meraih kemenangan 3-0 atas Timor Leste di laga keempat Grup A yang digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (4/8/2018). Walau menyisakan satu laga kontra Kamboja di laga terakhir, Tim Garuda Asia sudah mengemas 12 poin dari empat laga yang sudah tak mungkin dikejar oleh para pesaingnya.

Timnas Indonesia U-16 bermain menggila dengan serangan-serangan yang mengancam gawang Timor Leste dari awal pertandingan. Namun, sejumlah peluang yang didapatkan oleh Bagus Kahfi dkk. tak berhasil mengubah kedudukan.

Bagus Kahfi mendapatkan peluang yang sangat bagus pada menit ke-13. Namun, striker Timnas Indonesia U-16 itu gagal memaksimalkan peluang emas di depan kiper Timor Leste, Marcio Dores, yang dengan cemerlang berhasil menghalau tembakan tersebut.

Peluang emas kembali didapatkan Bagus pada menit ke-16. Berawal dari tendangan bebas yang membentur mistar gawang dan keluar dari gawang, Bagus Kahfi menanduk bola. Sayang, tandukannya membuat bola justru naik di atas mistar gawang.

Hingga 40 menit babak pertama usai, kedudukan antara Timnas Indonesia U-16 dan Timor Leste tetap tanpa gol. Dominasi Tim Garuda Asia belum berhasil mengoyak jala gawang Timor Leste.

Namun, tak menurunkan intensitas serangan di babak kedua, Timnas Indonesia U-16 berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-49 melalui kaki Bagus Kahfi. Memaksimalkan umpan silang dari sisi kiri, striker Tim Garuda Asia itu melakukan sontekan di depan gawang Timor Leste yang tak mampu dihalau oleh Marcio Dores.

Setelah unggul satu gol, Timnas Indonesia U-16 terus menekan. Hasilnya pada menit ke-72 anak-anak asuh Fakhri Husaini bisa menggandakan keunggulan menjadi 2-0 melalui gol yang dicetak Sutan Zico. Berawal dari umpan silang mendatar yang dilepaskan Bagus Kahfi dari sisi kanan, Sutan Zico masuk ke dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan keras yang mengoyak jala gawang Timor Leste.

Sudah unggul dua gol tak membuat para pemain Timnas U-16 menurunkan intensitas serangan. Hasilnya pada masa injury time Bagus Kahfi menambah lagi pundi gol Timnas Indonesia u-16 sehingga unggul 3-0. Berawal dari kerja sama operan satu dua Bagus dan Andre Oktaviansyah, Bagus mengejar bola di kotak penalti dan mengecoh Marcio Dores hingga akhirnya kembali menceploskan bola ke dalam gawang.

Kedudukan 3-0 menjadi penutup laga antara Timnas Indonesia U-16 kontra Timor Leste. Kemenangan ini memastikan tim asuhan Fakhri Husaini lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2018. Indonesia akan menghadapi Kamboja pada Selasa (6/8/2018).

Susunan pemain:

Timnas Indonesia U-16 (4-3-3): Ernando Ari (kiper); Kartika Vedhayanto, Komang Teguh, Fadilah Nur Rahman, Salman Alfarid (belakang); David Maulana, Brylian Negietha, Andre Oktaviansyah (tengah); Yadi Mulyadi, Hamsa Lestaluhu, Bagus Kahfi (depan)

Pelatih: Fakhri Husaini

Timor Leste (4-4-2): Marcio Dores (kiper); Bovio de Jesus, Jaimito da Costa, Juvito Moniz, Oscar Dos Santos (belakang); Ejivanio Da Costa, Zinedine Lopes, Aldo Moniz, Kay Olok Sword (tengah); Joel Gomes, Alito da Silva (depan)

Pelatih: Joao Araujo

#sumber: bola.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here