Sri Mulyani Bakal Tambah Anggaran Pimpinan MPR RI

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.@Foto: Ist/Liputanbanten.co.id

Jakarta, Liputanbanten.co.id – Pemerintah memastikan akan menambah pagu anggaran belanja MPR RI. Hal ini lantaran adanya tambahan pimpinan MPR 2019-2024 menjadi sepuluh orang, dari periode sebelumnya yang hanya delapan pimpinan.

“Jadi nanti kita akan lihat dari alokasi yang ada di dalam APBN. Kalau sudah ada keputusannya, mereka membuat formasi itu, ya kita tambahkan anggaran itu,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani di Lapangan Ditjen Anggaran Kemenkeu, Jakarta, Jumat (4/10/2019).

Di tahun ini, anggaran untuk MPR RI Rp 958,3 miliar. Sementara di tahun depan, MPR mengusulkan tambahan anggaran Rp 603,7 miliar.

Namun demikian, Sri Mulyani enggan menjelaskan berapa anggaran yang akan ditambahkan tersebut, apakah sesuai dengan yang diusulkan MPR.

“Nanti kita lihat, diputuskan di dalam lembaga-lembaga tinggi negara, alat kelengkapan, biasanya dari sisi jumlah, waktu itu Sekjen MPR sudah menginformasikan kepada kita berapa kebutuhan anggaran yang mereka perlukan,” jelasnya.

Sebelumnya, MPR menggelar sidang akhir masa jabatan pada Jumat (27/9/2019). Dalam sidang ini, disahkan Tata Tertib yang mengatur perubahan jumlah pimpinan MPR dari delapan menjadi sepuluh.

Pengesahan Tata Tertib dilakukan langsung oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan yang memimpin sidang. Ia menjelaskan, perubahan Tatib telah disepakati oleh seluruh fraksi.

“Akan dilakukan penetapan putusan MPR yaitu tentang Tatib MPR dan keputusan MPR tentang rekomendasi MPR periode 2014-2019. Perlu kami sampaikan bahwa dalam rapat gabungan seluruh fraksi dan kelompok DPD, telah menyepakati rancangan perubahan tatib,” ujar Zulkifli.

“Tatib perubahan dari delapan pimpinan menjadi sepuluh,” lanjut dia. Dengan pengesahan Tatib soal pimpinan ini, maka setelah pelantikan anggota, MPR akan memilih 10 pimpinan untuk periode 2019-2024. Sepuluh pimpinan MPR itu, terdiri dari 9 perwakilan fraksi dan 1 perwakilan DPD.(Lb/Kmp/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here