Seleksi KPU Lebak Tanpa Pengawasan Bawaslu

Ketua Bawaslu Banten Didih M Sudi saat memberikan keterangan kepada awak media.

Serang, Liputanbanten.co.id – Ombudsman RI Perwakilan Banten masih mendalami dugaan maladministrasi proses seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten Lebak.

Langkah itu pun mendapat dukungan dari Bawaslu Banten. Namun, sayangnya Bawaslu Banten justru tidak melakukan pengawasan proses seleksi KPU Lebak.

Sebagaimana yang disampaikan Ketua Bawaslu Banten Didih M Sudi. Kata Didih, proses seleksi Calon Anggota KPU Lebak bukan bagian dari tahapan Pemilu.

Baca juga: Ombudsman Dalami Maladminitrasi Seleksi KPU Lebak

“Rekrutmen itu (proses seleksi Anggota KPU Lebak, red) kan bukan bagian dari tahapan secara langsung. Karena yang secara langsung itu tahapan, seperti rekrutmen PPK, PPS,” ujar Didih kepada Liputanbanten.co.id, Sabtu (5/1/2019).

Namun sebelumnya, Didih justru mengatakan hal sebaliknya bahwa Bawaslu Banten mempunyai kepentingan menjaga tahapan pemilu tidak terganggu proses seleksi anggota KPU.

“Tetapi memamang kita juga berkepentingan, jangan sampai proses seleksi kpu ini mengganggu tahapan,” katanya.

Dengan demikian, Didih berjanji akan ikut serta mendalami dugaan pelanggaran dalam proses seleksi KPU Lebak yang kini juga ditangani Ombudsman RI Perwakilan Banten.

“Kita akan dalami persoalannya dimana, jangan sampai ini menggangu tahapan. Proses ini kita dukung, silahkan ditindak,” tegasnya mendukung Ombudsman Banten mengungkap potensi maladministrasi dalam proses seleksi Anggota KPU Lebak.

Bahkan Didih berjanji, berkoordinasi dengan Bawaslu RI untuk memberikan masukan pada KPU RI mengenai persoalan seleksi Calon Anggota KPU Lebak.

“Nanti kita berikan masukan ke KPU RI dengan koordinasi dengan Bawaslu RI,” tegasnya. (Lb/Jun/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here