Baru 144 Desa yang Sudah Memiliki Perpustakaan

Ilustrasi (Dok: Net)

Serang, Liputanbanten.co.id – Dinas Perpustakaan dan Arisp Daerah (DPAD) Kabupaten Serang menyebut bahwa hingga kini baru ada ‎144 desa yang sudah memiliki perpustakaan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Serang, Hamdani mengatakan, bahwa target mengadakan perpustakaan di desa sudah ditetapkan dalam program kerja. Namun ia berharap target perpustakaan desa di seluruh desa bakal terealisasi, sebab sudah ada ratusan perpustakaan umum di desa yang sudah didirikan. “Salah satunya di Desa Tanjung, Kecamatan Baros. Program kita semua desa punya perpustakaan umum,” ujar Hamdani.

Tidak hanya perpustakaan umum di desa, kata Hamdani, tetapi juga perpustakaan di sekolah-sekolah. Disamping mendirikan perpustakaan, juga diiringi pengadaan buku. “Ada perpustakaan, bukunya juga harus ada, maka kita adakan,” ujarnya.

Pengadaan buku sendiri, menurutnya dilakukan melalui metode hitungan matematika dengah prosedur yang berlaku. Seperti dengan merasionalkan jumlah penduduk. “Kalo jumlah pengadaan buku. Kita ada ukuran standarnya dari jumlah penduduk di Kabupaten Serang berapa, bukunya harus ada berapa. Ada rumusnya,” tuturnya.

Sama halnya dengan pengadaan buku untuk perpus di tingkat desa. “Kemudian perpus desa juga ada rumusnya dari jumlah buku dan penduduk. Tapi di desa belum sesuai dengan jumlah masyarakat yang ada. Jumlah buku paling tidak 5000 eksemplar,” ujarnya.

Ia mengungkapkan biasanya Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Serang satu kali pengadaan buku sebanyak 1000 judul. “Satu judul kita biasa beli 3 eksemplar. Jadi kalo dikalikan banyak, tapi yang jelas kami sangat berharap, perpustakaan bisa mendorong minat baca masyarakat,” pungkasnya. [Lb/Yna]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here