Menko PMK: Pentingnya Menyelaraskan Pendidikan Dengan Industri

(Liputanbanten)

Cilegon, Liputanbanten.co.id – Menteri  Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani mengatakan pentingnya menyelaraskan pendidikan dengan industri untuk menghasilkan SDM yang berkualitas dan berkompetensi.

“Kami sangat mendukung apa yang dilakukan perusahaan/industri untuk menggandeng  sekolah/SMK sebagai upaya mendapatkan tenaga kerja terampil sesuai yang dibutuhkan,” katanya, Senin (5/3/18).

Hadir pada acara tersebut Menperin Airlangga Hartarto, Mendikbud Muhadjir Effendy, Pimpinan dan Anggota Komisi VI dan X DPR RI,  Wagub Banten Andhika Hazrumy, Bupati Wali Kota Se-Provinsi Banten.

Puan berharap kerja sama yang terjalin antara perusahaan dengan SMK tidak terbatas di Kota Cilegon saja, tetapi juga diperluas di semua wilayah Kabupaten/Kota di Indonesia.

Menurut Puan, kemajuan industri yang berdaya saing harus didukung tenaga yang profesional. Untuk itu perlu dilakukan kerja sama sektor industri dengan pendidikan, serta sinergi antara pemerintah pusat dan daerah.

Menurut dia, dengan jumlah tenaga kerja yang 63 persen diantaranya hanya lulusan SMP dan rata-rata berpenghasilan serta berdaya saing rendah, pasar tenaga kerja Indonesia juga belum diperkuat dengan sistem pendidikan vokasi yang sesuai dengan kebutuhan industri.

“SMK di tanah air selama ini masih terkendala dengan muatan kurikulum pendidikan yang kurang adaptif terhadap perkembangan industri, jumlah guru produktif yang masih terbatas, dan peralatan praktik kerja yang tertinggal teknologinya dari perkembangan industri,” ungkap Puan. [Lb/Ant]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here