Serapan Pencaker Lulusan SMK Masih Rendah

Ilustrasi. (Foto: Dok/Udehnans.com)

Serang, Liputanbanten.co.id – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang menyebut serapan pencari kerja (pencaker)  lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih rendah. Berdasarkan data yang mereka miliki, hingga 2017 ada sebanyak 20.000 orang pencari kerja,‎ dari jumlah itu hanya 4.747 orang yang terserap.

Kepala Bidang Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja (Bina Penta) pada Disnakertrans Kabupaten Serang, Kodiman mengatakan, faktor yang menyebabkan rendahnya serapan pencari kerja itu dikarenakan tidak adanya lowongan atau penempatan untuk pencaker tersebut. ini dikarenakan jurusan yang di buka oleh SMK tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau industry.

“Jadi tidak terserap, tapi disamping itu ada juga yang tidak melapor tapi mereka sudah punya kerjaan,” katanya.

Ia menturukan, hingga 2017 ada sebanyak 20.000 orang pencari kerja,‎ dari jumlah itu hanya 4.747 orang yang terserap. Sedangkan pada tahun 2018 ini berdasarkan laporan pencari kerja terhitung Januari-Maret ada 3.851 pencari kerja. Sedangkan jumlah yang berhasil ditempatkan hanya 458 orang. “Baru segitu yang mendapatkan penempatan,” katanya.

Namun demikian, ia mengaku kedepan akan mencoba mendorong perusahaan supaya dalam bekerjasama dengan Bursa Kerja Khusus (BKK) agar ada vokasi yang sesuai antara si lulusan dengan lowongan yang ada. Sebab yang namanya membuka jurusan itu haruslah sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan. “Sehingga nanti kalau sudah sesuai diharapkannya otomatis akan diterima di perusahaan itu,” tuturnya.

Diakuinya, selama ini banyak jurusan yang dibuka SMK ini kemudian tidak menghasilkan lulusan yang dibutuhkan perusahaan. Semisal jurusan manajemen, sementara di perusahaan tidak ada atau jarang yang membutuhkannya. Sebab rata-rata perusahaan membutuhkan jurusan tekhnik.

“Itu yang diharapkan kedepannya. Diharapkan dengan adanya vokasi itu bisa membantu mengurangi dan ada MoU dengan perusahaan dan SMK dan diharapkan serapannya akan lebih tinggi lagi,” katanya. [Lb/Yna]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here