Cinta Lingkungan, Unbaja Bentuk Bank Sampah

Serang, Liputanbanten.co.id – Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH) Universitas Banten Jaya (Unbaja) meminimalisir potensi sampah di lingkungan kampus.

Alamsyah Basri, Kabid Kajian & Hukum Lingkungan PSLH Unbaja mengatakan, bank sampah didirikan sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan.

“Komitmen kami menjadikan kampus Unbaja berwawasan lingkungan dan peduli lingkungan. Sehingga untuk kedepannya akan terus bersinergi dengan berbagai pihak dalam mewujudkan komitmen tersebut,” ujar Alamsyah, Jumat (5/7/2019).

Dalam kesempatan tersebut pimpro bank sampah Binyati mengatakan, bank sampah merupakan wadah mahasiswa untuk belajar.

“Sebelum terjun langsung ke masyarakat luas, bank sampah ini merupakan laboratorium sarana kami belajar dan bereksperimen mengelola sampah, kedepannya selain mengumpulkan sampah yang bisa didaur ulang, diharapkan bank sampah ini juga didorong untuk dapat mengelola sampah-sampah. Sehingga, bernilai guna secara mandiri serta dapat melakukan pendampingan kepada masyarakat untuk melahirkan bank sampah berbasis masyarakat”, ujarnya.

Direktur Pusat studi Lingkungan Hidup (PSLH) Unbaj, Fitriyah membenarkan bahwa salah satu program dari PSLH mendirikan bank sampah. Dimana nantinya akan mengajak sivitas akademika Unbaja untuk menabung di Bank sampah.

Diantaranya dengan cara menyerahkan limbah plastik dan kertas untuk selanjutnya dihitung dan nilai penjualannya tidak diserahkan secara cash, tetapi dimasukan ke dalam buku tabungan yang dicatat dan dikelola secara terjadwal. Selanjutnya sampah akan diolah untuk menghasilkan produk yang bernilai ekonomis. (Lb/Kmp/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here