Piala AFF U-16: Ditahan Laos, Thailand Tetap Melajuk Ke Semifinal

Gresik, Liputanbanten.co.id Tim raksasa Grup B Piala AFF U-16 2018, Thailand, harus puas berbagi angka 0-0 dengan Laos di penyisihan Grup B di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Minggu (5/8/2018).

Dalam pertandingan ini, meski hanya butuh hasil seri untuk lolos ke semifinal, Thailand tetap tampil ofensif. Mereka tak hanya menguasai jalannya pertandingan, tetapi juga menciptakan banyak peluang. Hanya, sebarek kesempatan yang dimiliki Thailand tak berbuah gol.

Sejak babak pertama hingga paruh kedua usai, kans yang dimiliki Kitichai Yaidee dkk. sangat banyak. Bahkan, di masa tambahan waktu babak kedua, atau saat pertandingan hanya menyisakan satu detik saja, Thailand memiliki peluang emas.

Namun, sontekan Punnawat Chote Jirachaiton di depan mulut gawang Laos justru menyamping. Laga pun berakhir dengan 0-0.

Mengenai hasil imbang ini, pelatih kepala Thailand, Thongchai Rungreangleas, mengungkap timnya kehilangan ketajaman. Namun, baginya tak masalah karena tim asuhannya secara keseluruhan bermain cukup bagus.

Soal dugaan Thailand tak memburu kemenangan di pertandingan ini, Thongchai membantah timnya sengaja menghendaki hasil seri di pertandingan ini. Ia juga menyangkal menurunkan banyak pemain pelapis di pertandingan ini.

“Semua pemain yang kami bawa ke Piala AFF U-16 2018 ini adalah pilihan. Bukan sembarangan. Mereka bermain untuk negara, jadi semua pemain adalah pemain penting di tim ini,” sangkalnya.

Dari daftar susunan pemain yang diturunkan Thailand di pertandingan ini mayoritas pemain yang turun saat Thailand menekuk Malaysia 2-1 (30/7/2018). “Hanya ada dua pemain yang sebelumnya tidak turun, kami mainkan sejak menit awal. Itu hanya bagian dari rotasi,” jelas Thongchai.

Laos Berpeluang ke Semifinal

Dengan hasil ini, di atas kertas Thailand bakal melaju ke semifinal dengan status juara grup. Sebab, kendati Laos memiliki kesempatan untuk menyamai poin Thailand (10 poin), Laos hanya memiliki selisih gol +2.

Bandingkan dengan Thailand yang memiliki selisih gol +10. Sedangkan poin tertinggi yang bisa dicapai Malaysia hanya sembilan poin.

Jadi apa pun hasil laga antara Malaysia kontra Laos di pertandingan terakhir Grup B, Selasa (7/8/2018), besar kemungkinan tak menggoyahkan posisi Thailand di puncak klasemen.

Di pihak Laos, hasil ini sangat mereka syukuri. Pasalnya, dengan hasil seri tersebut perolehan poin mereka masih unggul atas Malaysia. Saat ini Laos mengoleksi tujuh poin, sementara Malaysia hanya enam poin.

Pada bentrokan lawan Malaysia di pertandingan terakhir Grup B Piala AFF U-16 2018, Selasa (7/8/2018), Laos hanya butuh hasil seri untuk menyingkirkan Malaysia, dan membuat mereka lolos ke semifinal.

“Ini bukti kami ingin lolos dengan usaha kami sendiri. Melawan Malaysia, kami akan bertarung dengan strategi berbeda dan kami ingin menang,” kata Kanlaya Sysomvang, pelatih Laos. (Lb/bla)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here