Timnas Arab Saudi Juara Piala AFC U-19 Setelah Tekuk Korea Selatan 2-1

Cibinong, Liputanbanten.co.id Arab Saudi meraih gelar juara Piala AFC U-19 2018 setelah mengalahkan Korea Selatan dengan skor 2-1 pada pertandingan final yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu malam WIB (4/11/2018).

Dikutif dari bola.com, gelar ini menjadi yang ketiga diraih Arab Saudi sepanjang mengikuti Piala AFC U-19 atau yang pertama dalam 26 tahun terakhir. Mereka pernah menjadi juara pada 1986 dan 1992.

Arab Saudi tampil menekan sejak awal laga. Tak butuh waktu lama, Arab Saudi berhasil membuka keunggulan lebih dulu melalui aksi Turki Al-Ammar. Bola hasil tembakan kaki kanannya merobek pojok kiri gawang Korea Selatan.

Kebobolan gol cepat, Korea Selatan langsung bereaksi. Namun, tembakan Go Jae-Hyeon pada menit ke-15 masih bisa ditangkap kiper Arab Saudi kawalan Abdulrahman Alshammari.

Keasyikan menyerang, gawang Korea Selatan akhirnya kembali bobol pada menit ke-22. Khalid Al-Ghannam mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan umpan Faraj Al-Ghashayan dengan tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti yang bersarang di tengah gawang Korea Selatan.

Pada menit ke-44, Korea Selatan kembali mendapatkan peluang mencetak gol. Namun, bola hasil sepakan Kim Hyun-Woo masih melebar dari gawang Arab Saudi. Skor 0-2 untuk keunggulan Arab Saudi bertahan hingga turun minum.

Korea Selatan akhirnya mendapatkan tendangan penalti pada menit ke-63 setelah Muhannad Al-Shanqiti melanggar Jeon Se-Jin di dalam kotak terlarang. Cho Young-Wook yang menjadi eksekutor sukses melakukan tugasnya setelah bola hasil tembakannya mengarah ke pojok kiri gawang Arab Saudi.

Pada menit ke-84, Korea Selatan kembali menyia-nyiakan peluang untuk mencetak gol penyeimbang. Tembakan Jeon Se-jin dari luar kotak penalti masih bisa ditangkap kiper Arab Saudi. Hingga laga usai, tak ada lagi gol tambahan pada final Piala AFC U-19 2018 tersebut.

Susunan pemain

Korea Selatan U-19 (3-4-3): Lee Gwang-Yeon (kiper), Hwang Tae-Hyeon, Lee Jae-Ik, Lee Jae-Ik (belakang), Lee Kyu-Hyuk, Park Tae-Jun, Goo Boon-Cheul, Go Jae-Hyeon (tengah), Cho Young-Wook, Jeon Se-Jin, Um Won-Sang (depan)

Pelatih: Jung-Yong Chung (Korea Selatan)

Arab Saudi U-19 (4-2-3-1): Abdulrahman Alshammari (kiper), Naif Almas, Hassan Altambakti, Mohammed Al-Shanqiti, Muhannad Al-Shanqiti (belakang), Hamed Alghamdi, Turki Al-Ammar, Khalid Al-Ghannam, Khalid Al-Ghannam, Faraj Al-Ghashayan, Mansor Al-Beshe (tengah), Abdulmohsen Al-Qahtani (depan)

Pelatih: Khaled Abdullah Mohammed (Arab Saudi). (Lb/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here