Tujuh Manfaat Serai untuk Kesehatan

Liputanbanten.co.id – Serai adalah salah satu tanaman rempah yang kerap dicampurkan sebagai bumbu masakan. Dengan aroma yang wangi, plus cita rasa yang khas dan segar, daun serai membuat masakan jadi makin nikmat.

Selain dijadikan campuran masakan, serai juga sering dihidangkan menjadi teh untuk menghangatkan badan. Aromanya pun bisa menenangkan pikiran, serta mengusir nyamuk.

Bukan itu saja, serai mengandung beragam vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh, serta dapat mencegah berbagai penyakit. Manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari daun serai? Simak ulasan lengkapnya berikut ini, yuk!

Kaya antioksidan

Serai kaya akan antioksidan, seperti vitamin C dan flavonoid yang mampu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Selain itu, kandungan antioksidan tersebut juga bisa meningkatkan imunitas tubuh, dan mencegah timbulnya berbagai penyakit.

Komponen perlindungan dalam serai juga ampuh melawan bakteri patogen, sehingga mencegah makanan cepat basi, dan membuatnya lebih awet.

Menjaga lapisan perut

Ekstrak serai diketahui memiliki fungsi perlindungan terhadap luka yang timbul pada perut. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Young Pharmacists di tahun 2012 menemukan, minyak esensial serai dapat mencegah kerusakan akibat paparan etanol dan aspirin.

Minyak serai ini juga dapat melindungi lapisan perut yang riskan rusak, khususnya bagi mereka yang mengonsumsi alkohol, dan obat-obatan anti-inflamasi.

Mengeluarkan racun tubuh

Memiliki sifat diuretik, serai dapat membantu membuang racun berbahaya dan bahan kimia yang tak diperlukan tubuh, kadar asam urat, serta meningkatkan fungsi hati dan ginjal.

Konsumsi serai akan menstimulasi pencernaan, sehingga bisa mencegah gangguan pada usus. Secara tak langsung, kadar lemak berlebih pun akan ikut terbuang.

 Meningkatkan konsentrasi

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Chinese Journal of Natural Medicines menunjukkan, adanya manfaat serai (baik dalam bentuk teh atau kuah) mengandung nutrisi pelindung saraf. Mulai dari zinc, magnesium, dan asam folat.

Berbagai nutrisi tersebut juga kerap dikaitkan dalam meningkatkan memori otak, konsentrasi, serta pemrosesan informasi.

 Menstabilkan tekanan darah

Serai kaya akan berbagai mineral; seperti kalium, zinc, kalsium, besi, mangan, tembaga, dan magnesium. Kalium merupakan komponen penting yang dibutuhkan sel dan cairan tubuh. Mineral tersebut memiliki manfaat dalam membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.

Mencegah diabetes

Dalam pengobatan tradisional, serai sering dimanfaatkan untuk menyembuhkan diabetes dan penyakit jantung. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Ethnopharmacology pada tahun 2007, menguji efek konsumsi serai terhadap tikus.

Tikus-tikus tersebut, diberi asupan 125 hingga 500 ml ekstrak serai per kilogram berat badannya sebanyak satu kali seminggu. Setelah 42 hari, mereka mengalami penurunan kolesterol dan lemak darah.

Dari hasil penelitian tersebut juga disimpulkan, mengonsumsi serai bisa mencegah diabetes dan penyakit jantung.

 Mengobati gangguan saluran pernapasan

Dalam ilmu pengobatan India kuno Ayuverda, serai kerap digunakan untuk mengobati demam, pilek, serta batuk. Kandungan vitamin C di dalamnya bermanfaat meredakan hidung mampet, asma bronkial, flu, dan gangguan saluran pernapasan lainnya.(Lb/Kmp/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here