Dewan Mendorong Sistem Rujukan Pelayanan Kesehatan Dipermudah

Anggota DPRD Kabupaten Serang Fahmi Hakim. (Foto: Liputanbanten)

Serang, Liputanbanten.co.id – Pelayanan rujukan dari Puskesmas ke rumah sakit yang ada di Kabupaten Serang hingga kini masih rumit dan terkesan lama. Oleh karena itu Komisi II merekomendasikan agar sistem yang lama tersebut agar lebih dipermudah.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Serang, Fahmi Hakim‎ mengatakan, ‎ bahwa kaitan dengan pelayanan kesehatan tentunya perlu adanya proses proses yang lebih maksimal.”Dalam rangka pelayanan, disini ada garis benang terkait dengan SOP rujukan terhadap keberadaan pasien menuju rumah sakit, tentunya yang perlu kita tindaklanjut adalah agar pasien rujukan ini tidak terhambat kondisi waktu, ini terjadi di Kecamatan Mancak,” kata Fahmi.

Politisi Golkar ini pun mengaku akan segera menindaklanjuti persoalan tersebut dengan segera melaksanakan rapat koordinasi evaluasi bersama Dinkes dan seluruh rumah sakit yang ada di Kabupaten Serang baik Rumah Sakit Drajat Prawiranegara ataupun rumah sakit swasta. Hal ini dalam rangka memberikan percepatan SOP pelayanan terhadap pasien rujukan, sehingga pelayannya tidak terlalu lama.

“‎Saya lihat masih banyak secara administratif maupun sistem yang terlalu lama, sehingga kita harus potong secara ringkas agar rujukan yang di kecamatan langsung dibawa ke rumah sakit,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mendorong adanya sistem online, dimana puskesmas dan rumah sakit harus tererintegrasi‎ informasinya baik kaitan dengan ketersedian  ruang rawat inap pasien ataupun IGD.”Saya pikir kalau ini terjadi tidak perlu lagi lewat telepon,” pungkasnya. [Lb/Yna]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here