DPRD Provinsi Banten Gelar Rapat Paripurna Penanggulangan Bencana

Gedung DPRD Provinsi Banten  (Tempo)
Gedung DPRD Provinsi Banten (Tempo)

Serang, liputanbanten.com – DPRD Provinsi Banten menggelar rapat paripurna terkait penetapan Peraturan Daerah (Perda) tentang penanggulangan bencana di ruang rapat paripurna DPRD Banten, KP3B, Kota Serang, Selasa (5/5).

Hadir dalam rapat peripurna ini, Plt Gubernur Banten, pimpinan DPRD, Sekda Banten, dan sejumlah pejabat di lingkungan Provinsi Banten.

Plt Gubernur Banten Rano Karno memberi apresiasi kepada pansus Raperda di mana dalam pembahasanya melibatkan pemda kabupaten/kota, dunia usaha, Kemendagri, BNPB dan Akademisi. “Pemrov mengharapkan dukungan dari anggota dewan serta partisipasi semua pihak untuk ikut terlibat dan memberikan kontribusi penanganan bencana alam,’’ ungkapnya.” Baik alam maupun non alam,’’ jelasnya.

Dirinya menyadari, keberhasilan dalam menanggulangi bencana tidak dapat dilakukan secara sendiri. “Maka, Pemrov akan terus berkoordinasi dengan semua pihak dalam menyusun rancangan rencana kerja, sehingga, dampak yang terjadinya bencana dapat diminimalisir,’’ terangnya.

Ketua panitia khusus (Pansus) Raperda penanggulangan bencana DPRD Banten Yoyon Sujana menyatakan, sulitnya pencairan dana ketika terjadi bencana menjadi salah satu alasan disusunnya raperda tersebut. Selain itu, kata dia, dalam perda tersebut, terdapat beberapa poin yang perlu untuk diperbaiki.

“Hasil kajian ada beberapa poin yang perlu diperbaiki, salah satunya terkait besaran anggaran yang harus disiapkan oleh eksekutif,’’ terangnya. “Kita sepakati bersama 0,5 persen dari APBD, dan itu di luar dari anggaran rutin untuk penanggulangan itu sendiri, dan APBD kita (Banten) tahun ini mencapai Rp 9 triliun, jadi sekira Rp 4,5 miliar,” Hal ini sejalan dengan kerawanan potensi bencana alam yang bisa terjadi di Banten. “Perusahaan kimia banyak di Banten yang juga perlu menjadi perhatian akan kerawanan ancaman bencana industri,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here