Usaha Isi Ulang Air Minum di Kota Serang Banyak Tak Berizin

Kabid Perizinan non B DPMPTSP Kota Serang Sukanta saat ditemui di ruang kerjanya, Jum'at (6/9/2019).@Foto:Abdul/Liputanbanten.co.id

Serang, Liputanbanten.co.id – Bisnis depot air minum isi ulang di Kota Serang tiap tahunnya makin menggeliat. Namun, tidak diiringi Standar Operasional yang berlaku.

Pasalnya, hingga saat ini dari ratusan jumlah depot air minum isi ulang belum mengajukan izin operasi usaha ke Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Serang.

Hal tersebut diungkapkan langsung Kepala Bidang (Kabid) Perizinan Non B DPMPTSP Kota Serang Sukanta saat ditemui wartawan diruang kerjanya, Kota Serang, Jum’at (6/09/2019.

Menurutnya, dalam melakukan penertiban izin terkait depot air minum isi ulang. Pihaknya akan menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang untuk melakukan pengecekan mengenai kelayakan air yang diperjual belikan.

Karena, ditambahkan Sukanta, depot air minum isi ulang merupakan hal komersial yang bersentuhan dengan masyarakat banyak. Maka, harus berizinĀ  supaya terjamin kelayakan dan kesehatannya.

“Dalam pembuatan izin ini beberapa OPD terlibat termasuk Dinkes Kota Serang, dan ini domainya Dinkes. Jadi kalau sudah ada rekomendasi dari dinkes baru kita tindaklanjuti,” ucapnya

Kemudian, dalam penertiban izin operasi usaha tersebut maka harus ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, Salah satunya penerimaan rekomendasi dariĀ  Dinkes. Sebab, jika tidak mengantongi rekomendasi maka izin usaha depot air mereka tidak bisa dikeluarkan.

“Karena yang tau sehat atau engganya air itu ya Dinkes, jadi kita tidak akan mengeluarkan izin kalau tidak ada rekomendasi dari OPD terkait,” ungkapnya.

Sementara, untuk jumlah keseluruhan depot air minum isi ulang di Kota Serang pihaknya belum mengetahui secara keseluruhan dengan alasan belum adanya satu berkas yang masuk mengenai izin usaha tersebut.

“Kalau jumlah secara keseluruhan tidak tahu karena belum melakukan pengecekan, karena saya baru 5 bulan disini. Namun dalam proses perizinan depot isi ulang air minum itu belum ada yang melakukan tapi yang lainnya ada,” tandasnya.(Lb/Ar/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here