Desa Cikolelet Minta Segera Dibuat SK Penetapan Desa Wisata

Akses jalan menuju kawasan wisata Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang sangat memprihatinkan. (Foto: Liputanbanten)

Serang, Liputanbanten.co.id – Kepala Desa Cikolelat, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Ojat Darojat berharap Surat Keputusan (SK) ‎Bupati terkait penetapan desa wisata oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar). Hal itu dikarenakan,  SK Bupati tersebut sangat penting dalam melakukan penataan wisata.

Ojat mengatakan, bahwa Pemkab Serang sendiri sebelumnya pernah menjanjikan akan segera membuatkan SK penetapan desa wisata cikolelet.‎ Namun sejak saat itu atau sudah tiga bulan lebih lamanya SK tersebut belum juga diterbitkan.

“Saya kurang tahu kendalanya,  katanya saya harus menghadap‎ bagian hukum dulu, itu arahan dari Kasi Destinasi, tapi saya belum sempat. Saya juga bilang kenapa gak diterbitkan saja, kan dasarnya sudah ada dari Perdes,” kata Ojat saat ditemui dipendopo.

Menurut Ojat, SK Bupati tersebut sangat penting untuk pengembangan wisata di desanya. Semisal, kata dia untuk memperkuat pengajuan profosal bantuan penataan ke Provinsi Banten, ke Kementrian dan pihak Investor.

“Ya, saya bingung juga, seharusnya kan arahan dari pak Sekda waktu itu cepat, dua minggu juga selesai, tapi sekarang masih belum aja. Sementara ini saya konsesn lebih ke penataan aja dulu, tog regulasi di perdes juga ada,” katanya.

Ia mengungkapkan, Desa Cikolelet bersama dengan Sawarna di Kabupaten Lebak masuk dalam rencana strategis kawasan pembinaan Dinas Pariwisata Provinsi Banten di 2018. Bahkan di 2017 ini pun sudah ada bantuan pembuatan peta wisata dan landmark desa wisata.

“Harapannya kedepan dengan adanya rencana strategis Dinas Pariwisata Provinsi Banten, bisa menyelurahh menata‎ Desa Cikolelet menjadi kawasan wisata,” ujarnya.

Diakui Ojat, sampai sekarang ini akses jalan menuju kawasan wisata Desa Cikolelet masih sangat memprihatinkan.‎ Keluhan pun selalu berdatangan dari para wisatawan, terlebih saat turun hujan.”Kendalanya di saran prasaran jalan, apalagi sudah musim hujan ini sudah seperti gelombang saja,” imbuhnya. (Lb/Yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here