Kapolri Resmikan Polda Banten Jadi Tipe A

Penyambutan Kedatangan Kapolri oleh Kapolda Banten, Gubernur Banten dan Tokoh Agama, Kamis (6/12/2018)

Serang, Liputanbanten.co.id – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian, meresmikan kenaikan tipe Polda Banten dari B menjadi A. Peresmian ditandai dengan digelarnya upacara di Mapolda Banten, Kamis (6/12/2018).

Kapolri Jenderal Tito Karnavian langsung bertindak sebagai inspektur upacara. Selain Kapolda dan pejabat utama Polda Banten upacara juga diikuti Gubernur Banten, beserta forkopimda dan Tokoh Agama dan tamu undangan lainnya.

Dalam upacara tersebut Jenderal Polisi Tito Karnavian menyerahkan Pataka Kepolisian Daerah Banten Gawe Kuta Baluarti kepada Kapolda Banten Brigjen Pol Tomsi Tohir.

Dalam sambutannya, Jendral Polisi Tito Karnavian mengatakan, Kenaikan tipe Polda Banten dikarenakan cepatnya pembangunan di daerah ini akan meningkatkan potensi gangguan keamanan.

“Jumlah penduduk yang luar biasa, sektor industri luar biasa banyak, pariwisata maju, pelabuhan juga banyak, ini akan ada kerawanan akan gangguan Kantibmas, hal ini menjadi pertimbangan Menpan RB dan Mabes Polri untuk menaikan tipe Polda Banten dari B menjadi A,” katanya.

Kapolri juga mengingatkan kenaikan tipe Polda Banten juga harus dibarengi dengan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat yang harus lebih baik.

“Kita harapkan adanya kenikan tipe ini Provinsi Banten jadi lebih aman, tertib dan damai sehinga memberi ruang kepada bapak Gubernur dan kepala daerah untuk membangun daerahnya, keamanan bukan segala-galanya,” ujarnya.

“Tapi kalau terjadi gangguan kantibmas yang tidak aman maka semua kegiatan itu tidak bisa dilaksanakan,” imbuhnya.

Kemudian, masih kata Tito, konsekuensi naiknya tipe polda adalah naiknya juga eselon para pejabatnya dan nanti dalam waktu dekat setelah diusulkan.

Maka, Polda Banten akan dipimpin oleh Kapolda yang berbintang dua atau inspektur jenderal (Irjen) polisi dan Wakapoldanya berpangkat brigadir jenderal (Brigjen) polisi. (Lb/Ar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here