Pertumbuhan Ekonomi di Banten Terus Alami Kenaikan 

Diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kota Serang, Kamis (6/12/2018).

Serang, Liputanbanten.co.id – Sebagai salah satu daerah penyangga DKI Jakarta, perekonomian Provinsi Banten  dalam tiga tahun terakhir menunjukkan perkembangan yang menggembirakan.

Hal itu tercatat pada tahun 2016 perekonomian Banten tumbuh menjadi 5,28%  kemudian meningkat menjadi 5,71% di tahun 2017 hingga semester 1 tahun 2018 ekonomi Banten tumbuh sebesar 5,75%.

Kenaikan itu terbilang fantastis, pasalnya, angka ini jauh di atas rata-rata angka pertumbuhan ekonomi nasional yang pada tahun 2017 sebesar 5,07% dan pada semester satu tahun 2018 sebesar 5,17%.

“Pertumbuhan ekonomi Banten tidak lepas dari pertumbuhan di lapangan usaha industri pengolahan dan lapangan usaha perdagangan besar-eceran,  serta reparasi mobil motor dengan kontribusi masing-masing sebesar 31,66% dan 12,59%,” ujar Mohamad Nasir.

Mentri Riset dan Teknologi  Pendidikan Tinggi RI, Mohamad Nasir, menyampaikan itu sat memberikan sambutan, dalam acara Diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kota Serang, Kamis (6/12/2018).

“yang tidak kalah menarik adalah adanya berbagai fasilitas infrastruktur strategis antara lain, Pelabuhan Merak dan cigading, Bandara Soekarno Hatta dan jalan tol jakarta-merak. Provinsi Banten juga memiliki akses yang sangat mudah menuju pelabuhan Tanjung Priok,” lanjut Nasir.

Nasir menjelaskan, dengan jumlah penduduk sebesar 12,5 juta orang, Banten salah satu daerah utama tujuan investasi  di Indonesia. Hal itu tercatat pada 2017 realisasi nilai Penanaman Modal Dalam Negri (PMDN)  Banten berada pada urutan kelima di Indonesia dengan nilai Rp 5,1 triliun.

Sedangkan realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) berada diurutan ketiga dengan nilai mencapai 3,0 miliar Dolar Amerika.

“Tidak heran, apabila Banten memiliki perkembangan yang sangat cepat. Mulai dari pembangunan fasilitas infrastruktur, hingga kesejahteraan masyarakat yang terjamin,” jelasnya. (Lb/Ar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here