KPU Dukung Ombudsman dan Bawaslu Usut Kejanggalan Seleksi KPU Lebak

Ketua KPU Banten Wahyul Furqon

Serang, Liputanbanten.co.id – KPU Banten menunggu hasil Ombudsman RI Perwakilan Banten dalam melakukan pendalaman dugaan maladministrasi seleksi KPU Kabupaten Lebak dan mendukung rencana Bawaslu Banten yang bakal ikut mengungkap kasus tersebut.

Bahkan Ketua KPU Banten Wahyul Furqon sendiri mengaku siap memberikan jawaban kepada Ombudsman RI Perwakilan Banten. “Kita akan jawab,” ujar Wahyul kepada liputanbanten.co.id melalui telpon genggamnya, Senin (7/1/2019).

Selain itu juga mendukung pihak yang merasa dirugikan untuk melanjutkan laporan kejanggalan hasil proses Seleksi KPU Kabupaten Lebak hingga tuntas.

Baca juga: Seleksi KPU Lebak Tanpa Pengawasan Bawaslu. Ombudsman Dalami Maladminitrasi Seleksi KPU Lebak

“Silahkan saja, sekarang jika ada pihak yang dirugikan. Kita kan masih ada proses persidangan lain, silahkan saja,” ujar

Kata Wahyul, KPU Banten memang terlibat langsung dalam proses seleksi KPU Kabupaten Lebak. Namun, mempunya kewenangan yang berbeda dengan timsel

“Kami KPU Provinsi Banten dalam hal ini tugasnya memfasilitasi proses yang dilakukan oleh timsel dan itu kita lakukan dari proses administrasi kemudian CAT, Tes kesehatan, psikologi, wawancara,” katanya.

Selebihnya lanjut Wahyu, KPU Banten mendapatkan tugas dari KPU RI untuk melakukan uji kelayakan yang masuk dalam 10 besar.

“Proses itu kan dilakukan KPU provinsi. Karna tugas kita kan melakukan wawancara kemudian hasilnya disampaikan ke KPU RI,” katanya.

Wahyul kembali menegaskan bahwa KPU Banten hanya memfasilitasi jalannya proses seleksi Anggota KPU Lebak. “Tugas kita memfasilitasi tidak ada intervensi,” tegasnya seolah tidak mau jika dituduh melakukan intervensi dalam proses seleksi KPU Lebak.

Namun, saat ditanya apakah masalah Seleksi KPU Lebak  berdampak negatif atau tidak terhadap penyelenggaraan pemilu?, Wahyu enggan menjawab secara jelas. “Kita tunggu saja,” katanya. (Lb/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here