Banyak Minum Kopi Bisa Buat Tubuh Mudah Lelah

Dok/Plus.google

Liputanbanten.co.id  – Apakah kamu sering merasa lelah dan mengantuk padahal malam sebelumnya sudah tidur dengan waktu yang cukup? Atau apakah kamu mudah mengantuk setelah makan siang? Jika ya, kamu biasanya akan menanggulanginya dengan minum kopi hitam. Dengan harapan, kandungan kafein yang ada di dalam kopi hitam akan meningkatkan kinerja hormon adrenal sehingga membuatmu jadi melek.

Namun sebuah penelitian yang dilansir dari idiva.com malah menemukan fakta sebaliknya. Terlalu banyak minum kopi justru bisa membuat tubuh manusia menjadi mudah lelah dan mengantuk.

Bagaimana bisa?

“Kopi adalah minuman yang umum untuk dikonsumsi di pagi hari. Sebab tak hanya aromanya yang mampu menggugah selera, kandungan kafein di dalam kopi akan meningkatkan kerja hormon adrenal dalam tubuh. Dan tubuh manusia akan menjadi waspada, pikiran akan lebih mudah fokus, dan rasa lelah mudah hilang,” tulis penelitian ini. “Namun, terlalu banyak minum kopi di pagi hari ternyata membuat tubuhmu menjadi ketergantungan. Tubuh akan cenderung meningkatkan dosis konsumsinya ketika dosis yang biasa sudah tidak mempan lagi. Akibatnya tubuh pun akan mudah lelah tanpa alasan yang jelas.”

Solusinya?

“Cobalah untuk mengurangi konsumsi kopi harian. Jika biasanya kamu bisa minum 1-3 cangkir per hari, kurangi menjadi 1 cangkir per hari. Kamu bisa menggantinya dengan teh yang bisa memberikanmu suntikan energi tanpa membuatmu merasa ketergantungan.” (Mdk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here