Hina Kiyai di Facebook, Warga Petir Diamankan Polisi

Kapolres Serang, AKBP Indra Gunawan, memebrikan keterangan resmi di Mapolres Serang, Rabu (7/11/2018).

Serang, Liputanbanten.co.id – Seorang pria berinisial RY asal Kecamatan Petir,  Kabupaten Serang diamankan Polisi karena mengunggah status berisi kata-kata hinaan kepada Kiyai asal Ciomas berinisial MN. Dalam unggahannya RY menggunakan akun facebook bernama Cinu Papeda Papeda.

“Pada hari Jum’at (2/11/2018)  Polesk Petir kedatangan seorang santri yang berinisial MD untuk mencari seseorang bernama RY.  Setelah didalami kenapa mencari,  ternyata ada sebuah perkataan atau tulisan dimedia sosial facebook yang menjelekkan pimpinan pondok pesantrennya yaitu bapak kiyai MN,  kemudian kapolsek dan beberapa perwira memeriksa rumah terduga dan pada saat didatangi rumah itu dalam keadaan kosong,” kata Kapolres Serang, AKBP Indra Gunawan, di Mapolres Serang,  Rabu (7/11/2018).

Setelah mengetahui kediaman pelaku kosong, Pada hari yang sama dimalam harinya, Kapolsek mendatangi Polres untuk mendalami profil terduga, dan di esok paginya  Kasat Reserse bersama tim Kapolsek dan jajaran mendapatkan alamat pelaku dan bergerak menuju kediaman pelaku.

“Sabtu (3/11/2018) siang tersangka di amankan di daerah Tambora, Jakarta Barat dan  sore hari dibawa ke Polres Serang,” ungkap Kapolres.

Adapun motif pelaku, dijelaskan  Indra, pelaku menderita gangguan dari sosok gaib yang menyerupai Kiyai MN.

“Karena diganggu terus kepala pusing kemudian dia curahkan kepada facebooknya yang mana mengarah pada kiyai MN, tersebarlah kalimat-kalimat yang dapat memicu permusuhan dan rasa kebencian kepada seseorang, maka pada saat itu pihak santri membut laporan kepolisian yang diarahkan keada tersangka,” jelasnya.

Akibat perbuatannya,  pelaku di kenakan pasal 45a ayat 2 uu no 19 tqhub 2016 tentang ITE dengan ancaman 6 tahun penjara. (Lb/Ar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here