Jadi Daerah Urbanisasi, Bawaslu Akan Lakukan Pemutahiran DPT

Anggota Bawaslu Kota Serang saat jumpa pers dengan awak media di Sekertariat Bawaslu Kota Serang, Kamis (7/11/2019).@Foto:Abdul/Liputanbanten.co.id

Serang, Liputanbanten.co.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Serang akan melakukan Pemutahiran Daftar Pemilih Tetap (DPT) berkelanjutan dalam waktu dekat ini. Hal itu menyeusul setalah turunya Surat Edaran (SE) dari Bawaslu RI.

Koordinator Devisi (Kordiv) Pengawasan Bawaslu Kota Serang, Rudi Hartono mengungkapan, pihaknya menginginkan DPT Kota Serang kedepannya valid dan mutakhir secara menyeluruh. Untuk itu pihaknya akan melakukan Pemutahiran data secara berkelanjutan, mengingat Kota Serang merupakan wilayah urbanisasi.

“Ini merupakan hal penting untuk segera dilakukan agar data bisa mutahir dan valid. Dan kita menunggu dari KPU untuk melakukan kegiatan ini,” kata Rudi saat jumpa pers dengan awak media di Sekertariat Bawaslu Kota Serang, Kamis (7/11/2019).

Maka dari itu, pihaknya meminta  KPU Kota Serang untuk segera bertindak sehingga kedepan jika dilakukan pemutahiran data pemilih mendekati mutakhir. Selain itu dirinya juga meminta KPU segwra berkoordinasi dengan pihak Disdukcapil untuk meminta data kependudukan

“Kami minta KPU untuk berkoordinasi  dengan Disdukcapil agar mendapatkan rekap rekaman e-KTP, rekap warga Kota  Serang  yang meninggal dunia. Dan meminta data penduduk yang pindah domisili dan melakukan perubahan nama. Serta  warga sipil yang menjadi TNI/Polri serta memastikan purnawirawan TNI Polri mendapatkan haknya,” jelasnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kota Serang, Agus Aan Hermawan menambahkan bahwa, ada beberapa kegiatan yang harus dilakukan oleh Bawaslu, seperti yang dilakukan oleh komisioner lainnya yakni meningkatkan kapasitas. Sedangkan, hasil pemilu sudah disampaikan kesemua pihak termasuk ke Pemerintah Daerah (Pemda).

“Apa yang akan dilakukan Bawaslu, jadi sesuai dengan perintah UU ada satu pasal bahwa bawaslu harus melakukan sosialisasi partisifasi, dipahami bagian sosialisasi poltik dan Pengawasan pemilu. Karena, catatan kemarin hasil pemilu masih banyak kekurangan dan memang pemilu masih banyak catatan,” ucapnya.

Ditempat sama, Komisioner KPU Kota Serang Fierly MM mengakui bahwa, saat ini pihaknya sedang melakukan pemutahiran data berkelanjutan yang bekerjasama dengan Disdukcapil kota Serang.

“Memang proses pemilihan berkelanjutan ini panjang, secara reguler harus melaporkan per tiga bulan sekali untuk melaporkan progresnya ke KPU RI,” pungkasnya.

Ia berharap kedepan sumber data semakin jelas, coklitnya jelas, sidalihnya makin sempurna. Sedangkan untuk DPK di Kota Serang itu ada 5 ribu lebih mencoblos KTP Elektronik. “Otomatis kedepan harus mempastikan masuk DPT. Secara syarat sudah memenuhi, makannya harus kita pastikan masuk DPT,” tandasnya.(Lb/Ar/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here