Twitter Lengkapi Fitur Untuk Tunanetra

Jakarta, Liputanbanten.co.id – Banyak yang belum tahu jika mikro blog Twitter memiliki fitur yang dapat membantu penggunanya yang memiliki gangguan penglihatan mengetahui gambar di media sosial tersebut.

Fitur ini sebetulnya telah tersedia sejak 2016. Baru-baru ini, seperti dikutip dari laman The Independent, seorang pengguna bernama Rob Long mencuitkan pengalammnya memakai fitur tersebut.

Ia mengatakan fitur membuat “perbedaan besar” untuk pengguna tunanetra sehingga mereka bisa “melihat gambar dengan cara kami”. Cuitan terebut dibagikan lebih dari 100.000 kali sehingga banyak orang yang ingin mengetahuinya.

Aktikan fitur tersebut melalui Setting and Privacy, masuk ke menu Accesibility dan berikan tanda cek di Compose Image Description Box.

Saat menambahkan gambar ke cuitan akan muncul tombol Add Description di bagian bawah.

Pengguna akan dibawa ke layar Image Description untuk memberikan penjelasan mengenai gambar tersebut, dikenal juga sebagai teks alternaitf atau alt text, untuk membantu pengguna tunanetra.

“Orang yang memiliki gangguan penglihatan akan memiliki akses ke deskripsi melalui teknologi bantuan (misalnya pembaca lan tampilan braille). Deskripsi dapat ditulis hingga 420 karakter,” demikian bunyi penjelasan di blog Twitter. [Ant]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here