Harga Jagung Turun, Petani Kecewa

Serang, Liputanbanten.co.id – Sejumlah Petani jagung di Kabupaten Serang mengaku sangat kecewa‎ melihat harga jagung saat ini yang turun di kisaran Rp 2,700 sampai Rp 3000 perkilogram jagung pipil kering. Hal itu dikarenakan turunnya harga tersebut bertepatan dengan panen raya, sehingga tidak menguntungkan bagi petani.

Salah seorang anggota Kelompok Tani Mekar Tani, Desa Pagintungan, Kecamatan Jawilan, Supiyan Sauri mengatakan, bahwa biaya yang dikeluarkan untuk tanam  jagung mulai dari pengolahan lahan hingga panen rata-rata menghabiskan Rp 9 juta. Biaya tersebut masih dibilang tinggi, karena biaya angkut untuk pupuk dan hasil panen cukup besar.

“Jadi biaya inputnya cukup besar,‎ sementara hasilnya atau outputnya standar, kami tidak rugi, tapi tidak begitu besar hasilnya,” kata Supiyan kemarin.

Namun dengan biaya yang cukup besar tersebut, menurutnya para petani sangat kecewa jika melihat harga jagung sekarang ini yang berada dikisaran Rp 2.700 sampai Rp 3000 perkilogram jagung pipil kering.”Kalau dibilang kecewa kita agak kecewa, kenapa? Karena kita sedang panen raya, sedang bagus-bagusnya produksi kita, harga kurang menguntungkan bagi kita. Harapannya sih stabil diangkat Rp 3.500 perkilogram,” katanya.

Disinggung mengenai produksi jagung pada panen raya, kata dia berdasarkan data yang dimiliki oleh Badan Pusat Statistik (BPS) berada diangka 7,4 ton pipil kering perhektar.”Target kita harapannya diangka 9 atau 10, bahkan 12 ton, seperti di Lampung, dan di Jawa juga sudah mulai,” katanya.

Namun untuk meningkatkan produksi jagung tersebut, ia mengaku masih ada keterbatasan dari sisi pembiayaan yang belum merata dikalangan petani. Oleh karena itu ia berharap pemerintah daerah bisa memfasilitasi akses permodalan tanpa agunan.

“Harapannya sentuhan pemerintah, ada gak pembiayaan lunak, tanpa agunan yang bisa diakses oleh kami, sembari kami memperbaiki kelompok tani kami dalam hal kelembagaan, sehingga ketika kami dikasih kepercayaan untun pinjaman bisa mengembalikan,” tuturnya. [Lb/Yna]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here