Ratusan Kelompok ISIS Ditangkap

Ilustrasi

Suriah, Liputanbanten.co.id – Kelompok ISIS terdesak dan ratusan militan kelompok tersebut ditangkap setelah berusaha kabur dari daerah yang dikepung pasukan pemeriintah. Ada sekitar 400 gerilyawan kelompok militan ISIS yang diamankan.

Merujuk pada kabar dari milisi yang didukung Amerika Serikat, yakni Pasukan Demokrat Suriah (SDF) mengatakan bahwa para jihadis ditangkap ketika mereka berusaha menyelinap keluar dari wilayah Baghuz dengan bantuan penyelundup pada Kamis (7/3/2019).

Di saat yang bersamaan, ratusan militan ISIS lainnya telah menyerah dan dievakuasi dari desa dengan ribuan warga sipil dalam beberapa hari terakhir. Hal tersebut terjadi setelah pasukan Amerika Serikat dan SDF meningkatkan pemboman mereka di Baghuz.

Setelah desa diambil, Amerika Serikat dan sekutunya diharapkan akan secara resmi mendeklarasikan akhir dari “kekhalifahan” yang diproklamirkan oleh ISIS pada tahun 2014.

Kelompok itu diketahui pernah menguasai wilayah seluas 88.000 km persegi yang membentang di Suriah dan Irak. ISIS memberlakukan aturan brutal pada hampir delapan juta orang dan menghasilkan miliaran dolar dari minyak, pemerasan, perampokan, dan penculikan. (Lb/Rmol/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here