Kebijakan WH Dinilai Sepihak, Subadri: Untung Kita Duluan Mengeluarkan SE

Akademisi STISIP Setia Budhi Rangkasbitung, Harits Hijrah Wicaksana. @Foto: Febry/Liputanbanten.co.id

Serang, Liputanbanten.co.id – Adannya Surat Edaran (SE) Gubernur Banten, Wahidin Halim tentang penetapan jam kerja bagi pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten selama bulan suci Ramdhan, mendapatkan kritik dari Akademisi STISIP Setia Budhi Rangkasbitung, Harits Hijrah Wicaksana.

Ia menilai, bahwa kebijakan Gubernur Banten hanyalah sepihak, tanpa meminta pendapatan para Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tinggal di Luar Daerah Kota Serang.”Seharusnnya Pak WH tidak bisa memukul rata semua kebijakannya, karena sebagian besar pegawai Pemprov Banten berasal dari Kota Tangerang, Kabupaten Pandeglang, dan Kota Cilegon,” ungkap Harits, Rabu (8/5/2019).

Tidak hanya itu, Harits juga menjelaskan, kebijakan Gubernur Banten juga bisa menganggu pelayanan publik, menjadi tidak efektiv. Dikarenakan, kata Harits, berbeda dengan kebijakan Kabupaten dan Kota lainnya.

“Mereka para ASN Banten masuk pada Pukul 06:00 Wib, dan pulang pada pukul 13:00 Wib. Sehingga singkronisasi pelayanan antara Pemerintah Kabupaten dan Kota menjadi tidak berjalan,” ungkapnnya.

Harist pun berharap, semoga saja Gubernur Banten bisa merevisi kebijakannya tersebut, karena bulan Ramadhan jangan dijadikan alasan malas-malasan. “Kita lihat saja dampak dan maanfaat, atas kebijakan Gubernur Banten tersebut. Mudah-mudah saja bisa dievaluasi,” harapannya.

Ditempat berbeda, Wakil Walikota Serang, Subadri Usuludin mengaku, beruntung Kota Serang sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE) lebih dahulu, dan mengikuti Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 394 Tahun 2019 tentang Penetapan Jam Kerja pada Bulan Ramadhan 1440 H.

“Untuk kita duluan mengeluarkan SE, kalau ga kita jadi mengikuti SE Gubernur Banten. Tapi secara umum, tidak menggangu koordinasi antara Pemprov Banten dan Pemkot Serang,” tandasnnya. (Lb/Fs/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here