Peneliti: Konsumsi Kopi Memiliki Manfaat Lain Bagi Kesehatan

Facebook
Twitter
Google+
Pinterest

Liputanbanten.co.id – Minum kopi di pagi hari merupakan cara bagi sejumlah orang untuk mendapat suntikan energi. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa konsumsi kopi ini juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan.

Kopi diketahui bisa melindungi dari penyakit batu empedu serta peradangan di pankreas. Hasil ini diketahui berdasar penelitian berjudul “Coffee and its effect on digestion” dari Institute for Scientific Information on Coffee (ISIC).

“Efek dari kopi terhadap pencernaan merupakan salah satu penelitian yang terus berkembang. Data mengungkap manfaat terhadap masalah pencernaan yang umum terjadi seperti konstipasi, termasuk menurunnya risiko masalah kesehatan serius seperti penyakit liver kronis, batu empedu, serta pankreatitis,” terang Professor Carlo La Vecchia dari University of Milan, Italia dilansir dari Indian Express.

Batu empedu merupakan salah satu masalah pencernaan yang umum terjadi. Hal ini terjadi karena akumulasi batu di empedu dan berdampak pada sekitar 10 hingga 15 persen orang dewasa.

Hasil peneliian ini mengungkap bahwa konsumsi kopi setiap hari bisa menurunkan risiko batu empedu. Hal ini tentu menjadi temuan yang sangat penting.

Lebih lanjut serat serat dan polyohenil dari kopi bisa mendukung pertumbuhan populasi mikroflora secara sehat. Hal ini bisa menstimulasi mobilitas usus serta membantu pelepasan asam gastrik, empedu, serta pankreatik yang menstimulus pencernaan. (Lb/mdk/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here