Anggur Hitam Cegah Kanker dan Diabetes

Liputanbanten.co.id – Anggur hitam penuh dengan antioksidan seperti resveratrol, flavonoid, dan kuersetin yang bisa mengelola diabetes. Selain itu dapat meningkatkan kesehatan jantung, dan bahkan mencegah kanker.

Buah-buahan ini juga memerangi peradangan dan penyakit terkait lainnya. Berikut ini beberapa manfaat anggur hitam, seperti dilansir laman Stylecraze, Selasa (6/8/2019).

  1. Mengelola kadar gula

Resveratrol dalam anggur hitam bisa meningkatkan sensitivitas insulin. Ini bisa meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk menggunakan glukosa, sehingga bisa  menurunkan kadar gula darah. Senyawa ini juga meningkatkan jumlah reseptor glukosa pada membran sel. Ini juga bisa membantu mengatur kadar gula darah Anda. Lebih penting lagi, anggur, secara umum, memiliki indeks glikemik rata-rata. Anggur hitam juga mencegah hilangnya sel beta, yang merupakan komplikasi umum pada diabetes.

  1. Mempromosikan kesehatan jantung

Polifenol dalam anggur hitam melawan radikal bebas, yang bisa menyebabkan penyakit jantung. Senyawa ini membantu mengobati hipertensi dan peradangan, serta meningkatkan fungsi endotel (pembuluh darah). Anggur hitam mengandung flavonoid, asam fenolik, dan resveratrol – yang semuanya bisa mengurangi mortalitas kardiovaskular. Senyawa ini juga memiliki efek anti-platelet. Mereka mencegah agregasi trombosit (penggumpalan trombosit, membentuk gumpalan), sehingga mencegah stroke atau serangan jantung.

  1. Mencegah Kanker

Senyawa resveratrol yang ada dalam kulit anggur hitam ini menetralkan spesies oksigen reaktif. Ini juga menginduksi apoptosis (kematian sel kanker) dan mencegah penyebaran kanker. Resveratrol menunjukkan sifat antikanker terhadap kanker usus besar, payudara, prostat, dan paru-paru. Senyawa ini bisa melengkapi perawatan kanker konservatif (seperti kemoterapi dan radioterapi). Biji anggur hitam mengandung proanthocyanidins, senyawa bermanfaat lainnya yang diketahui bisa melawan kanker. Konstituen antikanker kuat lainnya dalam anggur termasuk quercetin, catechin, dan anthocyanin.

  1. Meningkatkan fungsi otak

Asupan resveratrol bisa meningkatkan disfungsi suasana hati dan mencegah hilangnya memori terkait usia. Beberapa studi tikus menunjukkan kemanjuran resveratrol dalam mencegah Alzheimer.

  1. Mempromosikan kesehatan penglihatan

Anggur hitam (dan anggur, pada umumnya) melawan radikal bebas dan membuat lensa mata lebih tahan terhadap penuaan. Diet kaya antioksidan, dimulai dengan baik pada usia muda, bisa secara dramatis mengurangi risiko masalah penglihatan terkait usia. Dalam sebuah penelitian, antioksidan anggur ditemukan memiliki efek perlindungan penglihatan yang lebih baik daripada lutein (antioksidan super sering disebut-sebut untuk manfaat penglihatannya).

  1. Memperkuat tulang

Resveratrol dalam anggur bisa meningkatkan kepadatan mineral tulang. Efeknya hanya diamati pada tikus. Kita membutuhkan lebih banyak penelitian pada manusia untuk menguatkan fakta ini.(fny/Lb/jpnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here