Pemkab Serang dan Alfamart Jalin Kerjasama Pasarkan Produk Usaha Mikro‎

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau Alfamart menandatangani MoU ( Memorandum of Understanding) tentang program‎‎ pemberdayaan usaha mikro kecil , Rabu (8/11)

Serang, Liputanbanten.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau Alfamart menandatangani MoU ( Memorandum of Understanding) tentang program‎‎ pemberdayaan usaha mikro kecil , Rabu (8/11) diaula TB Suwandi Setda Kabupaten Serang. Hal ini dilakukan guna‎ mewujudkan peningkatan dan pengembangan usaha bagi pelaku usaha mikro kecil di Kabupaten Serang.

Hadir dalam‎ acara tersebut Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, Plt Sekda Kabupaten Serang, Agus Erwana, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Serang, menejemen PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk dan sejumlah para pelaku usaha mikro kecil.

Bupati Kabupaten Serang Hj. Ratu Tatu Chasanah, SE

Dalam sambutanya Bupati Serang, Ratu Tatu. Chasanah mengatakan, bahwa berdasarkan perda Kabupaten Serang nomor 8 tahun 2015 tentang usaha mikro kecil mengamanatkan bahwa pemerintah beserta dunia usaha dan masyarakat secara bersama-sama bertanggungjawab untuk mewujudkan pertumbuhan, pemerataan ekonomi dan peningkatan pendapatan masyarakat melalui penumbuhan iklim usaha, pengembangan, pembiayaan, penjaminan, kemitraan dan pemberdayaan bagi usaha mikro kecil.‎

“Salah satu wujud dari penumbuhan iklim usaha adalah melalui kemitraan antara usaha mikro kecil dengan dunia usaha yang difasilitasi oleh Pemda. Hari ini (kemarin-red) kita menyelenggarakan penandatangan perjanjian kerjasama antara Pemkab Serang dan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk,” kata Tatu.

Penandatanganan Kerjasama antara Pemkab Serang dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk.

Perjanjian Kerjasama ini, kata Tatu , dimaksud untuk menyatukan persepsi antara pemerintah Kabupaten Serang dan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk dalam rangka penyelenggaraan program pemberdayaan usaha mikro kecil dan kegiatan sosial di Kabupaten Serang. Selain itu upayanya dalam rangka mewujudkan kerja sama yang saling menguntungkan dengan memanfaatkan segala potensi dan sumber daya yang dimilik‎i.

“Obyek dari perjanjian kerja sama ini adalah program pemberdayaan usaha mikro kecil serta kegiatan sosial diseluruh wilayah Kabupaten Serang.‎ Adapun ruang lingkup perjanjian kerja sama ini meliputi kemitraan usaha, pelatihan usaha bagi usaha mukro kecil sektor perdagangan dan pengolahan serta dukungan bagi pelaksanaan kegiatan sosial,” tuturnya.

Ia juga berharap para pelaku usaha mikro kecil yang ada di Kabupaten Serang dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Kemudian para pelaku usaha mikro kecil juga harus dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksinya‎, legalitas produk berupa sertifikat halal, pangan industri rumah tangga dan merek sudah saatnya dibenahi.

“Bagi yang belum memiliki (legalitas produk-red) agar segera memiliki, bagi yang sudah kadaluarsa agar segera‎ diperbaharui. Selain itu kemasan agar lebih ditingkatkan kualitasnya, para pelaku usaha harus mempunyai daya saing tinggi dan pemasaran yang baik, sinergi antara pelaku usaha mikro kecil dengan toko modern, pasar swalayan. Karena pemasaran produk usaha mikro kecil‎ menjadi kata kunci untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing,” ujarnya.

Peserta pelatihan program pemberdayaan usaha mikro kecil.

Tatu menuturkan, bahwa dalam kesempatan ini pula akan diselenggarakan pelatihan manajemen reatil bagi usaha mikro oleh PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk sebagai tindak lanjut dari perjanjian kerjasama.

“Saya berharap para peserta pelatihan yang merupakan usaha mikro kecil di Kabupaten Serang dapat menyerap materi yang disampaikan dengan sebaik-baiknya, sehingga sinergitas antara kedua belah pihak terjalin baik,” katanya.‎

Sementara itu, LGM PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Faturahman mengaku menyambut baik kerja
sama dengan Pemkab Serang ini, sehingga bisa ikut memajukan dan mengenalkan produk UMKM dari wilayah tersebut.

“Kami ingin berbagai produk makanan khas Kabupaten Serang semakin dikenal oleh masyarakat dengan cara dipasarkan di toko Alfamart. Semoga kerja sama ini dapat berlanjut secara berkesinambungan,” imbuhnya. (Adv)‎

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here