2019, Dana Asing Mengalir ke Indonesia Rp 260 Triliun

Ilustrasi

Jakarta, Liputanbanten.co.id – Bank Indonesia mencatat dana asing yang masuk ke Indonesia atau capital inflow dari awal tahun ini hingga 7 November 2019 mencapai Rp 260 triliun. Dana tersebut lebih banyak masuk ke Surat Berharga Negara (SBN).

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo, mengatakan derasnya dana asing yang masuk mencerminkan kepercayaan investor kepada perekonomian Indonesia.

Inflow kita posisi year to date sekitar Rp 260 triliun. Sebagian besar inflow ke SBN. Untuk SBN masuk Rp 8 triliun dalam seminggu terakhir ini,” ujar Dody usai Jumatan di BI, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Menurut Dody, ada sejumlah indikator global maupun domestik yang masih mendorong masuknya dana asing ke Indonesia.

Untuk global misalnya, kesepakatan dagang fase pertama antara AS dan China yang belum terealisasi, mendorong investor mencari imbal hasil yang lebih tinggi ke negara lain.

“Mereka mulai searching untuk melihat return yang tinggi, termasuk ke Indonesia. Kalau dilihat yield UST (US Treasury) naik karena berbalik dengan harga. Data komoditas membaik, meskipun tidak semua komoditas andalan bagi Indonesia membaik,” jelasnya.

Sementara untuk faktor domestik, data pertumbuhan ekonomi Indonesia yang meskipun melambat menjadi 5,02 persen, namun masih di atas prediksi analis.

Tak hanya itu, cadangan devisa yang naik menjadi USD 126,7 miliar per Oktober 2019, juga menambah kepercayaan investor terhadap Indonesia.

“Terakhir karena data defisit transaksi berjalan kita hang hari ini dirilis, membaik ke 2,66 atau 2,7 persen dari PDB (Produk Domestik Bruto). Ini berarti firm ekonomi kita terjaga,” kata Dody.

Derasnya dana asing yang masuk tersebut mendorong nilai tukar rupiah terus terapresiasi. Dody melaporkan, sejak awal tahun ini, rupiah berhasil menguat 2,68 persen.

“Rupiah relatif stabil, bahkan kemarin Rp 13.990 per USD. Itu menandakan year to date rupiah terapresiasi 2,68 persen. Bahkan selama minggu kemarin rupiah apresiasi 0,3 persen,” ujarnya.(Lb/Kmp/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here