BKSP DPD RI Dorong Pemda Giat Kerjasama dengan Luar Negri

Serang, Liputanbanten.co.id – Badan Kerja Sama Parlemen Dewan Perwakilan Daerah (BKSP) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menggelar seminar dengan tajuk ‘Peran BKSP DPD RI dalam mengoptimalkan hubungan kerjasama daerah dengan luar negri’ disalah satu hotel di Kota Serang, Jum’at (8/11/2019).

Dalam sambutannya, Wakil Ketua DPD RI Mahyudin mengatakan, tujuan dari Regional Diplomatic Meeting (RDM)  yang diselenggarakan oleh DPD RI sebagai jembatan agar hubungan kerja sama antara daerah dengan luar negeri terjalin selaras dengan hubungan diplomatik oleh pemerintah pusat.

“Peran DPD RI adalah menjembatani hubungan antara daerah dengan luar negeri sebagai bagian dari dukungan diplomasi Indonesia secara keseluruhan,” katanya

Dijelaskan Mahyudin, kerjasama antara pemerintah daerah di Indonesia dengan negara lain merupakan hal yang penting bagi bidang investasi dan perdagangan. Karena kemitraan daerah yang luas akan berdampak pada percepatan pembangunan.

Selain itu, iapun menuturkan, Indonesia merupakan negara yang kaya dengan sumber daya alam. Namun, ia menilai hal itu belum terkelola dengan optimal. Oleh karena itu ia berharap kerjasama yang dilakukan para pemda dengan luar negeri bisa memberi dampak positif bagi negara secara keseluruhan di masa mendatang.

“Dalam rangka percepatan pembangunan daerah kita perlu menjadi hubungan kemitraan yang luas dengan berbagai negara,” tuturnya.

Sementara, Ketua  BKSP DPD Gusti Farid Hasan Aman mengatakan, diplomasi ekonomi sangat penting untuk mendorong investasi di Indonesia agar tumbuh lebih tinggi dan mendorong iklim perdagangan yang kondusif.

“Kita mempunyai kepentingan untuk mendukung Pemda agar bisa membangun kerjasama dengan untuk percepatan pembangunan,” ucapnya.(Lb/Ar/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here