Penggunaan Bagian Jalan di Tangsel Akan Diatur Melalui Perda

Tangerang, Liputanbanten.co.id – Pemerintah Kota Tangerang Selatan akan segera membuat aturan yang menyangkut penggunaan bagian jalan. Kepastian itu terungkap dalam rapat Panitia Khusus (Pansus) tentang Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penggunaan dan Pemanfaatan Bagian-bagian Jalan.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Aguslan Busro, SE, Ketua Pansus Raperda Penggunaan dan Pemanfaatan Bagian-bagian Jalan, Kamis (8/12/2016), mengemukakan keinginan anggota Pansus DPRD Kota Tangerang Selatan untuk segera membenahi bahu dan bagian-bagian jalan yang ada di Tangsel.

Rapat dihadiri Anggota Komisi IV DPRD Tangsel yaitu Drs. H. Mursidi Ilyas, MM, Ir. H. Baihaqi Djamasan, Toha, Abdul Rahman, Hj. Yulhilda Zahar, S.Sos, M.Si, TB. Rachmatullah, S.Ip, dan H. Rommy Adhie Santoso, SE, M.Si.

Selain dihadiri Anggota Komisi IV DPRD Tangsel, Rapat Pansus juga menghadirkan Ir. R. Mohammad Ajito, MM sebagai narasumber dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Sedangkan dari Pemkot Tangsel hadir jajaran Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Tangsel serta Bagian Hukum Pemkot Tangsel.

Ajito mengatakan, semua bangunan pada ruang manfaat jalan harus bangunan yang mendukung fungsi jalan, seperti halnya rambu. Sementara penempatan utilitis seperti tiang listrik, telepon, dan lain-lain harus mendapat ijin penyelenggara jalan. “Badan jalan tidak boleh terdapat bangunan-bangunan, seperti tiang listrik, telepon, dan lain-lain,” ujarnya.

Menurut Ajito, trotoar hanya diperuntukkan bagi pejalan kaki. “Setiap orang dilarang memanfaatkan Rumaja (Ruang Manfaat Jalan) yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan,” tandasnya. (Lb/Syamruddin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here