Kominfo Kota Serang Sosialisasikan Aplikasi E-Report, Percepat Smart City

Sosialisasi aplikasi smart city Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang. Jumat (8/12)

Serang, Liputanbanten.co.id – Demi percepatan pembangunan Smart City di Kota Serang, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Serang Soasialisasikan aplikasi E-Report, Sintal (sistem informasi digital) dan Masdadang (majalah dinding elektronik).

Kepala Dinas Kominfo Kota Serang, Hamsin mengungkapkan sebelumnya pihaknya sudah ada RABEG, kemudian 3 aplikasi ini melengkapi percepatan dalam rangka menuju smart city. Sebab smart city tanpa aplikasi juga tidak ada artinya.

“Aplikasi ini diharapkan seluruh Operator Perangkat Daerah (OPD) yang ada dikota serang bisa memanfaatkan, sebab dengan 3 aplikasi ini sistem pekerjaan lebih mudah dan efektif. Bahkan ada sistim keamanan. Yang lebih penting lagi ada efesiensi penggunaan data dari tata tulis. Itu laporan kemana saja tanpa menenteng lembaran-lembaran dan kertas,” kata Hamsin seusai acara Sosialisasi Aplikasi E-Report, Sintal dan Masdadang dihotel Le Dian Kota Serang, kamis (7/12/2017)

Wakil Walikota Serang saat menyampaikan sambutan pada sosialisasi percepatan pembangunan smart city Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang.

Lanjutnya, hal ini memang sebagai latar belakang menerapkan Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik sudah tidak bisa ditutupi, sehingga siapa saja bisa mengakses. “Semua bisa diakses dengan cepat. Ada dua jenis informasi publik kaitan dengan aparatur. Terkenal dengan PPID masing-masing OPD ada PPID pembantu dalam rangka untuk memberikan pelayanan publik seperti pelayanan ekonomi,sosial, kesehatan dan yang lainnya bisa diakses dengan cepat melalui aplikasi RABEG bisa memberikan pelayanan,” ucapnya

Memang, dikatakan Hamsin bahwa dinas kominfo dalam rangka percepatan smart city pihaknya terus melakukan study banding dengan daerah lain yang sudah maju. “Walaupun kota serang baru satu tahun kami yakin akan memberikan fasilitas-fasilitas, minimal melengkapi data centre. Walaupun gedung belum terbangun kami akan membuat mini komben center. Namun perlu operator baik dari opd ataupun kominfo. Contohnya kemacetan. Dengan ini bisa mengakses percepatan informasi,” katanya

Untuk bisa mengantisipasi OPD tidak menindak lanjuti hal ini, Hamsin mengatakan pihaknya sudah melakukan MoU tanda tangan bersama seluruh OPD dengan walikota serang. “Sebab pengalaman didaerah lain katanya. Informasi tidak cepat diakses oleh kami menjadi persoalan bahkan di bully oleh masyarakat dan sebagainya. Makannya tidak boleh di tutup-tutupi lagi dalam mempercepat smart city sudah memiliki aplikasi sedang berjalan, kerjasama dengan lainnya termasuk pers,supaya ada masukan-masukan seperti apa,” lanjutnya

Hamsin berharap baik Pemerintah Kota Serang, Provinsi Banten maupun pusat untuk membantu kesulitan terkait tenaga ahli, infrastruktur dan lainnya. Pihaknya juga sudah memberikan perijinan sudah diserahkan ke PTSP dan semua sudah online.

Foto Bersama

Dalam Aplikasi ini Hamsin menjelaskan perbedaan antara aplikasi RABEG dengan 3 aplikasi ini, seperti E-Report adalah aplikasi untuk membuat laporan melalui digital mulai dari pengajuan permohonan keuangan sampai penanda tanganan dan pertanggung jawaban, semua melalui elektronik ketika diminta pengguna anggaran bisa dimana saja dilakukan tanpa menggunakan kertas.

Lanjut Hamsin, Sistem Sintal merupakan dari fungsi data centre, fungsi informasi publik, fungsi portal informasi, dimana dari sini masyarakat bisa menginformasikan ke kominfo dan sebliknya.

“Nah kalau Aplikasi Masdadang, aplikasi model baru bentuknya dalam bentuk foto dan running teks. Aplikasi ini juha akan dipasang disemua OPD Kota Serang,” tandasnya.

Ditempat sama, Wakil Walikota Serang, Sulhi Choir mengatakan 3 aplikasi yang sekarang ini sudah harus operasional terutama menyangkut informasi publik tentang program pemerintah, pencapaiannya dan juga informasi-informasi tentang administrasi yang dihadapi oleh OPD karena supaya mudah dan cepat harus diakses ke pusat.

“Harus sudah operasional terutama menyangkut informasi publik tentang program-program pemerintah supaya cepat dan ini juga bisa menjadi perhatian PPK yang pernah disampaikan ke pemerintah kota serang tentang keuangan daerah. Laporan pertanggung jawaban harus diinformasikan ke publik,” kata Sulhi. (Advetorial Dinas Kominfo Kota Serang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here