Dompet Dhuafa Banten Hadirkan Situs Hitung Zakat yang User Friendly

Tampilan Kalkulator Zakat Dompet Dhuafa.

Serang, Liputanbanten.co.id – Menjelang hari raya Idul Fitri, umat Islam diwajibkan menyempurnakan ibadah puasa Ramadhan dengan membayar zakat. Baik zakat fitrah atau zakat maal.

Namun banyak orang memang ada yang masih sibuk mengurusi pekerjaan sampai-sampai tak punya waktu untuk membayar zakat, padahal membayar zakat wajib bagi kita yang mampu.

Perkembangan zaman membuat segala hal serba mudah. Kini membayar zakat pun bisa melalui online.

Zakat online adalah proses pembayaran zakat yang dilakukan melalui sistem online atau digital, di mana pemberi zakat dan dan penerima zakat atau amil tidak perlu bertatap muka dalam melakukan transaksi pembayaran zakat.

Semakin majunya era teknologi dan ponsel pintar, memudahkan umat Islam membayar zakat melalui situs web.

Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa (DD) Banten salah satu organisasi nirlaba di Kota Serang yang concern dengan kanal digital. DD Banten menyediakan layanan kalkulator zakat online yang dapat memberikan kemudahan berzakat kepada muzaki (orang yang berzakat). Kalkulator zakat ini dapat dimanfaatkan oleh para pekerja muda dengan penghasilan yang sudah mencapai nisab, namun masih bingung cara menghitung zakatnya.

“Dengan mengakses kalkulator zakat di donasi.ddbanten.org/kalkulatorzakat, para muzaki dapat dengan mudah mengecek berapa jumlah zakat yang harus mereka bayarkan dan juga dapat memantau penyalurannya,” tutur Fundraising & Communication Manager Dompet Dhuafa Banten, Dedi Setiawan Chogah, Selasa (5/6) lalu.

Layanan kalkulator zakat online Dompet Dhuafa Banten menghadirkan dua jenis penghitungan zakat, yaitu kalkulator zakat penghasilan dan kalkulator zakat harta simpanan. Ada beberapa kelebihan kalkulator zakat milik Dompet Dhuafa Banten dengan kalkulator zakat lainnya. “Kalkulator zakat milik DD lebih user friendly dan ada satu jenis penghitungan zakat (zakat harta simpanan) yang tidak mengharuskan muzaki menghitung satu-satu lalu dijumlahkan sendiri,” kata Setiawan.

Setiawan menambahkan bahwa sepanjang Januari hingga Juni 2018, tak kurang dari 800 donatur menunaikan zakat melalui website dengan donasi mencapai ratusan juta rupiah.

“Kami memang sengaja mendesain kalkulator zakat Dompet Dhuafa Banten mudah digunakan oleh millenial hingga generasi x. Form yang digunakan familier dan to the point,” pungkas Setiawan.

Dirinya berharap fitur kalkulator zakat ini menjadi bagian dalam upaya membumikan syiar zakat di Banten dan Indonesia pada umumnya. (Lb/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here