12 Tahun Berdiri, Kota Serang Masih Kekurangan Ratusan Tenaga Pendidik

Kepala Dindikbud Kota Serang, Wasis Dewanto saat ditemui di SMKN 2 Kota Serang, Jum'at (9/8/2019).@Foto:Abdul/Liputanbanten.co.id

Serang, Liputanbanten.co.id – Menjelang usianya yang Ke 12  Kota Serang dunia pendidikan di Ibu Kota Banten mengkhawatirkan. sebab, hingga kini  Kota Serang masih kekurangan ratusan guru pegawai negeri sipil (PNS) di tingkat sekolah dasar (SD).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang, Wasis Dewanto. menyebutkan, dari jumlah keseluruhan sekolah dasar yang berada di Kota Serang masih kekurangan 613 tenaga pendidik, jumlah tersebut belum digabung dengan tenaga pendidik untuk bidang olahraga dan agama.

Wasis mengungkapkan, kekurangan guru itu otomatis berdampak pada kegiatan belajar mengajar di sekolah. Karenanya, pihak sekolah terpaksa dibantu guru honorer.”Sebenarnya jumlah kekurangan guru kalau digabung dengan guru olahraga, guru agama itu sekitar 800 guru sedangkan untuk guru kelas itu sekitar 613. Itu untuk SD kalau SMP itu beda lagi,” kata Wasis saat ditemui di Sekolah Menengah Kejuruan Negri (SMKN 2) Kota Serang, Jum’at (9/8/2019).

Dijelaskan Wasis, Kondisi kekurangan guru di Kota Serang ini terjadi karena banyaknya guru berstatus PNS yang pensiun setiap tahun. Di sisi lain, rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) tidak sebanding sehingga guru-guru PNS yang telah pensiun tidak dapat segera terganti.

Untuk mengatasi itu pihaknya sudah mengajukan kekurangan guru itu ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) untuk menambah porsi rekrutmen CPNS. Namun, hingga saat ini belum membuahkan hasil.

“Kondisi kita tutupi dengan guru-guru honor yang ada di sekolah. Kita juga sedang berjuang temen-temen guru honor yng tidak jadi pns bisa ikut program P3K. Kita juga sedang melakukan pengajuan ke pemerintah pusat untuk pengadaan CPNS di 2019 mudah-mudahan pemerintah pusat bisa memberikan porsi yang besar untuk kota serang,” tandasnya. (Lb/Ar/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here